Pemerintah Kabupaten Wonogiri meraih peringkat ketiga sebagai Kabupaten Terbaik dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Nasional Tahun 2021. Pengumuman disampaikan secara langsung pada Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nasional, Rabu (28/4/2021) di Jakarta.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Perencanaan dan Pengembangan Kabupaten Wonogiri, Heru Utomo mengatakan bahwa ini adalah kali pertama Pemkab Wonogiri masuk dalam 10 nominasi Kabupaten terbaik pada ajang PPD Nasional 2021. Ditemui di kantornya, Heru mengungkapkan bahwa sebelum melaju pada PPD Nasional, Pemkab Wonogiri telah lebih dulu meraih peringkat pertama pada PPD Provinsi Jawa Tengah tahun 2021.

“Jadi sebelumnya Pemkab Wonogiri masuk nominasi sepuluh besar Nasional sebagai Kabupaten dengan program pembangunan terbaik. Kami telah melalui tiga tahap penilaian, yakni penilaian dokumen di awal bulan Maret, FGD (Focus Group Discussion) dengan tim penilai, dan kunjungan lapangan, Kamis 30 Maret dan Jumat 1 April lalu. Dan hari ini, diumumkan pada Pembukaan Musrenbang Nasional bahwa Pemkab Wonogiri meraih peringkat ketiga Kabupaten Terbaik pada PPD 2021” kata Heru.

Dua hal yang menjadi keunggulan Pemkab Wonogiri pada ajang PPD Nasional 2021 ini, Kabupaten Wonogiri memiliki angka pengangguran terendah di Jawa Tengah karena konsistensi program pembangunan dan perencanaan komprehensif yang memperhatikan keterpaduan indikator kinerja Pemerintah Daerah.

Meski telah meraih prestasi di tingkat nasional, Heru mengatakan pihaknya masih harus melakukan beberapa perbaikan di sektor perencanaan pembangunan, salah satunya adalah sinergisitas program pembangunan daerah, provinsi, dan program pembangunan nasional.

“Itu harus disinergikan dalam rangka untuk mencapai tujuan program prioritas nasional. Sedangkan dari sisi pembangunan itu sendiri, kita harus bisa mempertahankan dan meningkatkan target pembangunan, khususnya di beberapa capaian target pembangunan seperti pengentasan kemiskinan dan peningkatan pengembangan sumber daya manusia,” terangnya.

Heru mengungkapkan bahwa selain sinergisitas program pembangunan, peningkatan kualitas dokumen perencanaan dan pengembangan inovasi  juga menjadi faktor penting dalam menentukan kesuksesan pencapaian visi misi dan pelaksanaan pembangunan daerah.

Pihaknya berharap dengan diraihnya prestasi ini, menjadi semangat bagi Pemkab Wonogiri untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan dan melaksanakan pembangunan itu sendiri untuk kemajuan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Wonogiri.

 

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published.