Forum Silaturahmi Kebangsaan Pemuda Pemudi Nusantara di Kabupaten Wonogiri

sebanyak kurang lebih 200 orang hadir dalam Forum Silaturahmi Kebangsaan Pemuda Pemudi Nusantara di Kabupaten Wonogiri, Rabu (4/9) malam. acara yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri ini mengangkat tema "Kita Bersaudara Kita Satu Bangsa Kita Jaga Keutuhan NKRI".

Waka Polres Wonogiri Kompol Adi Nugroho dalam laporannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan forum silaturahmi kebangsaan pemuda pemudi nusantara ini yaitu untuk memperkenalkan seni dan budaya yang berada di wilayah kab. Wonogiri serta dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Waka Polres juga mengatakan kepada para peserta yang hadir dalam kegiatan ini untuk tidak mudah terpengaruh oleh isu – isu, maupun berita-berita yang belum tentu kebenaranya. 

"Karena pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Di satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Namun, di sisi yang lain, perkembangan tersebut mempunyai dampak negatif, yaitu dengan adanya informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme," katanya.

Sementara itu  Inf. Samhudi perwakilan Kodim 0728 Wonogiri mengatakan bahwa  Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah bangsa yang sejak kelahirannya terbentuk dari kekayaan dan  keberagaman Nusantara. Proses pembentukan dan membangun negara kesatuan Indonesia dilakukan secara bersama-sama dari keberagaman agama, etnis, suku, ras dan kelas sosial sebagai sebuah negara kepulauan terbesar  di dunia yang berada di titik strategis antara benua dan samudra dengan daya tarik sumber daya alamnya, sehingga Nusantara sebagai alam sari peradaban dunia yang harus selalu kita Jaga dan lindungi bersama.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan bahwa yang diperlukan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa  Indonesia adalah peran dari generasi bangsa.

"Semangat kebangsaan harus kita jaga, begitu pula rasa persatuan dan kesatuan yang harus selalu kita jaga dan kita gaungkan," katanya Bupati Joko Sutopo.

Bupati menambahkan bahwa ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-74 mengambil tema "SDM Unggul Indonesia Maju" parameternya adalah pendidikan.

"Salah satu program sebagai satu komitmen kebangsaan untuk mewujudkan SDM unggul Indonesia maju maka Pemerintah Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan pendidikan gratis," imbuhnya.

Pemkab Wonogiri sudah mempersiapkan satu program untuk menjamin pendidikan yang berkeadilan tidak ada diskriminasi, dengan kemampuan APBD Rp2,4 Trilyun dialokasikan untuk pemberian seragam gratis SD, SMP Negeri dan swasta, program beasiswa bagi mahasiswa- mahasiswa yang berprestasi 12 juta tiap tahun.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan Deklarasi Forum Silaturahmi Kebangsaan Pemuda - Pemudi Nusantara Di Kab. Wonogiri.

 

Sumber : Berita Daerah RGS Wonogiri (5 September 2019)



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//