BERAS ORGANIK WONOGIRI MENJADI IDAMAN DI LUAR NEGERI

Peluang ekspor beras organik dan semiorganik ke Singapura terbuka lebar. Bahkan, Singapura intens menjalin komunikasi dengan pengusaha asal Indonesia untuk memasok kebutuhan beras semiorganik, paling tidak untuk 5-10 persen jumlah penduduk negaranya. Singapura intensif melobi agar kebutuhan beras semiorganik di negaranya tercukupi. Namun, permintaan itu kemungkinan tidak bisa terpenuhi seluruhnya Karena, mereka meminta pesanannya dikirim sebelum Desember mendatang. 

'"Padahal, saat ini di Indonesia sedang musim kemarau," ungkap Direktur Badan Usaha Milik Petani (BUMP) PT Pengayom Tani Sejagad Wonogiri Hanjar Lukito Jatibelu, lama ini kepada media.

Menurut dia, beras asal Wonogiri target awalnya hanya untuk memenuhi kalangan pejabat-pejabat di Singapura, yakni kebutuhan perbulanya mencapai 80 ton.

"Selain Singapura, beberapa negara lain juga memesan beras organik dalam jumlah besar. Seperti bulan ini, sebanyak 20 ton beras organik bakal dikirim ke Perancis. Bahkan, negeri Paman Sam (AS) telah memesan 450 ton beras organik dari Wonogiri, namun baru terkirim 60 ton," katanya.

Dikonfirmasi secara trpisah, Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, tingginya permintaan beras organik itu menunjukkan sebuah potensi besar. Bupati juga mendorong BUMP PT Pengayom Tani Sejagad untuk memanfaatkan potensi yang ada, sekaligus melakukan upaya perluasan dan memperbanyak petani mitra sebab kebutuhan beras organik sangat banyak.

 

Sumber : Berita Daerah RGS Wonogiri (4 September 2019)



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//