SMAN 1 MANYARAN JADI SEKOLAH PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER

 

SMA Negeri 1 Manyaran ditunjuk oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI PDK Provinsi Jawa Tengah sebagai sekolah pengembangan pendidikan karakter se-Kabupaten Wonogiri. Hal itu dikatakan Kepala SMAN 1 Manyaran, Drs. Suprapto, M.Pd saat memberikan sambutan dalam acara sosialisasi program sekolah tentang peran serta masyarakat dan program pengembangan pendidikan karakter, Jumat (30/9) di aula sekolah setempat. 

Suprapto menjelaskan Pendidikan karakter utama yang dikembangkan ada lima yaitu karakter relegius, karakter nasionalisme atau cinta tanah air, karakter kemandirian, karakter gotong royong dan kerjasama, karakter integritas. Karakter religius atau keagamaan yang saat ini dikembangkan di SMA Negeri 1 Manyaran diantaranya sholat Dluhur dan Ashar berjamaah serta sholat Dhuha pada istirahat pertama di masjid, serta Kegiatan infak siswa setiap hari Jumat untuk mendukung kegiatan keagamaan. Sedangkan Karakter Nasionalisme cinta kepada tanah air melalui kegiatan baris berbaris, upacara bendera dan sebagainya. Karakter kemandirian didukung kegiatan life skill merupakan bekal siswa setelah lulus mendapatkan ijasah dan sertifikat life skill untuk bekerja, yang  bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Wonogiri untuk uji kompetensi. Karakter gotong royong dan kerjasama antara sekolah, masyarakat dan orang tua. Sementara itu Karakter integritas anak-anak dilatih tentang kejujuran, keteladanan, dan cinta kepada kebenaran.

"Selain itu SMA Manyaran juga ditunjuk sebagai sekolah Adiwiyata pada bulan Oktober 2019 penilaian tingkat kabupaten yang akan diajukan ke tingkat provinsi," kata Suprapto. 

Sementara itu, Pengawas SMA Provinsi Jawa Tengah, Drs. Sardito, M.Pd menyampaikan adanya pengembangan pendidikan karakter berharap siswa ketika lulus memiliki perilaku yang baik.

"Karena orang sukses itu tidak hanya dari pengetahuan tetapi juga dari ketrampilan dan sikap karakter yang dimiliki," ujarnya.

 

Sumber : Berita Daerah RGS Wonogiri (3 Sepetember 2019)



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//