Pemkab Wonogiri Berkomitmen Modernisasi Sistem Pertanian

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupatenn pada program modernisasi alat pertanian pada acara Modernisasi SIstem Pertanian Melalui Sistem Resi Gudang di rumah kediamannya, Jaten, Desa Pule Selogiri, Senin (2/9).  Kegiatan ini dihadiri Perwakilan dari Kementrian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi, Bulog, Jasindo dan perbankan serta Gabungan Kelompok Tani Se-Kabupaten Wonogiri.

Program modernisasi sistem pertanian merupakan salah satu prioritas dalam Panca Program Bupati Wonogiri yang telah berjalan 3,5 tahun. Bupati Wonogiri Joko Sutopo menjelaskan prioritas pada tahun 2020 adalah memberdayakan kaum petani agar mampu bersaing ditengah sengitnya perdagangan global dan iklim yang tidak bisa diprediksi. “Salah satu program untuk kelompok tani dengan sistem resi gudang yang akan memberikan jaminan pasca panen kepada petani. Dari 291 Gapoktan yang ikut SRG baru 27 dan baru bertambah 1. Nah ini yang menjadi pertanyaan besar kemana yang lain” tanya Joko Sutopo. Gapoktan yang tergabung dalam SRG jika berhasil akan mendapatkan pengembalian sekitar 2% dari hasil keuntungan yang dikelola oleh SRG.

Bupati Joko juga menyayangkan kelompok tani hanya digunakan sebatas mencari bantuan alsintan. Kelompok tani belum berfungsi sebagai lembaga yang secara riil memberdayakan anggotanya dengan program-program pemerintah.  Berdasarkan data di Dinas Pertanian dan Pangan terdapat lebih dari 2025 kelompok tani di Kabupaten Wonogiri. DItargetkan 50% dari Gapoktan bisa tergabung dalam SRG agar para petani memiliki daya saing.

“Persoalan permodalan tidak akan menjadi masalah karena Pemkab sudah bersinergi dengan perbankan, hal ini untuk meminimalisir adanya rentenir yang merugikan petani dengan sistem ijonnya.” tandasnya. Selain bersinergi dengan perbankan, Pemkab Wonogiri juga telah menjalin kerjasama dengan jasa asuransi yang preminya di disubsidi oleh pemerintah. Asuransi pertanian ini akan memberikan jaminan kepada para petani apabila terjadi gagal panen dengan nilai jaminan sebesar Rp. 6 juta/ ha atau bagi ternak sapi yang mati/hilang sebesar Rp. 10juta/ ekor.

 

Sumber : Humas Setda Kab. Wonogiri



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//