KPU WONOGIRI EVALUASI KAMPANYE PEMILU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri melakukan evaluasi masa kampaye pada Pemilu 2019. KPU mengundang sejumlah pihak, diantaranya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), unsur dari Polres Wonogiri, unsur dari Satpol PP Wonogiri, unsur dari Dinas Lingkungan Hidup Wonogiri, unsur dari Dinas Kominfo Wonogiri, perwakilan partai politik, dan unsur pers, Evaluasi itu dilakukan dengan cara meminta dan mengumpulkan saran dan masukan dari publik. 

Menurut Ketua KPU Toto Sih Setyo Adi, kegiatan yang digelar salah satu rumah makan di Wonogiri tersebut bertujuan untuk mengevaluasi fasilitas yang diberikan KPU dalam kegiatn kampanye pada Pemlu 2019. Pihaknya juga berharap evaluasi ini dapat meningkatkan kualitas kampanye pada pemilu berikutnya.

"Karena untuk menciptakan pemilu yang adil jujur tertib dan damai diperlukan kerjasama yang baik dengan stakeholder, sehingga dibutuhkan saran dan pesan sebagai bahan pertimbangan pemilu kedepannya," katanya.

Dalam evaluasi tersebut, terdapat sejumlah masukan. Di antaranya  masih banyaknya kegiatan  kampanye yg melanggar aturan terlebih dalam pemasangan APK yang di pasang di luar ketentuan yg sudah ditetapkan seperti di pohon dan fasilitas umum sehingga mengganggu ketertiban. 

Ketua Bawaslu Ali Mahbub juga menyatakan bahwa selama ini pihaknya telah melakukan pengawasan tahapan pelaksanaan kampanye pemilihan umum presdien wakil presiden dan legisltif th 2019. Bawaslu mengaku menemukan maupun mendapatkan laporan terkait berbagai dugaan pelanggaran pemilu baik dugaan pelanggaran administrasi pidana maupun pelanggaran pemilu lainnya.

"Total kegiatan  kampanye di Kabupaten Wonogiri mencapai 2,128 kegiatan. Dari jumlah keseluruhan kampanye yang di gelar oleh peserta pemilu, pelanggaran kampanye yang cukup besar terkait pemasangan APK 4.447 kasus dan kampanye yg tidak ber-STTP 126 kasus," ujarnya

Sementara itu, menurut Ponco Hawarno, selaku Kabid SIKP Dinas Kominfo Wonogiri, upaya sosialisasi proses dan tata cara pemungutan suaradapat dilakukan lebih maksimal dengan memanfaatkan media yang ada secara proporsional.

Seluruh masukan yang muncul dalam pertemuan itu akan dimasukkan dalam Daftar Inventaris Masalah (DIM), yang kemudian akan disampaikan pada KPU RI.

 

Sumber : Berita Daerah RGS Wonogiri (3 Agustus 2019)



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//