SAPI LOKAL MENJADI IDOLA SAAT IDUL ADHA

Sapi lokal atau sapi jawa dan sapi jenis peranakan ongole (PO) kini sulit didapat khususnya di wilayah Kabupaten Wonogiri. Sapi tersebut banyak diminati warga yang ingin berkurban saat Idul Adha karena harganya tergolong murah antara 17 sampai 20 juta rupiah per ekor. Harga itu terbilang ekonomis untuk kurban secara gotong royong ditanggung tujuh orang sesuai ketentuan syariah.

Peternak sapi asal Ngadirojo, Mh. Zainudin, saat ditemui media di kawasan Kota Wonogiri Selasa (30/7) pekan ini mengatakan, untuk mendapatkan satu ekor sapi secara gotong royong tujuh orang, setiap orang bisa patungan tiga juta rupiah.

"Tapi, sekarang cari sapi jawa atau PO sulit, Kelangkaan sapi jenis lokal dan PO itu karena proses inseminasi buatan yang selama ini dilakukan menghasilkan keturunan sapi jenis metal dan limosin. Akibatnya, suplai sapi jenis lokal makin menurun," katanya.

Zainudin memprediksi keberadaan sapi lokal atau PO bisa hilang dalam 4-5 tahun ke depan.

“Dari segi permintaan, memang sedang melonjak antara 20-30 persen dibanding hari biasa. Tingginya permintaan itu berasal dari lokal Wonogiri maupun dari luar kota, mulai dari Tasikmalaya, Jogja, hingga Tegal," tambahnya.

Zainudin menambahkan dari segi perawatan baik sapi lokal maupun sapi metal dan limosin relatif sama, hanya saja, tingkat pertumbuhan sapi metal dan limosin lebih cepat daripada sapi jaw. Hal itu membuat peternak lebih suka mengembangkanya. 

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) Wonogiri, Sutardi, mengatakan pada Iduladha 2018 di Wonogiri menyembelih sebanyak 2.715 ekor sapi jantan, 128 ekor sapi betina, 15.355 ekor kambing jantan, dan 109 ekor domba jantan. Dislapernak Wonogiri terus menyosialisasikan pelarangan penyembelihan sapi betina produktif.

 

Sumber : Berita Daerah RGS Wonogiri (30 juli 2019)



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//