SINERGI MAHASISWA KKN DENGAN PEMERINTAH DESA JIMBAR

 

Mahasiswa KKN Mandiri IAIN Surakarta Semar (Sinergi Elemen Masyarakat) melaksanakan program dengan tajuk Gambar (Gerakan Jimbar Belajar). Sinergi Mahasiswa KKN Mandiri bersama Pemerintah Desa Jimbar Kecamatan Pracimantoro ini menerapkan Inovasi Jam Belajar Masyarakat. Kegiatan ini dimulai sore hari, diawali dengan latihan karawitan anak-anak, latihan menari, kegiatan bimbingan belajar, dan pelatihan pembuatan kerajinan gelang.

Gerakan tersebut merupakan program kerja dari KKN Mandiri Semar sekaligus menyambut baik terbentuknya Perdes Nomor 3 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Jam Belajar Masyarakat Desa Jimbar.

Kepala Desa Jimbar, Sutrisno, mengatakan bahwa penerapkan jam wajib belajar keluarga mulai jam 17.30 WIB sampai jam 19.00 WIB, dengan mewajibkan masyarakat untuk mematikan televisi dan handphone. Selain itu terdapat Program Gambar untuk anak-anak di tujuh dusun di Desa Jimbar secara berkeliling.

Tujuan utama kegiatan tersebut yakni mewujudkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan kehati-hatian terhadap pengaruh negatif media, baik televisi maupun handphone. 

Koordinator Tim Inovasi Desa Kecamatan Pracimantoro, Eko Pranowo, menambahkan bahwa pemberlakuan program juga diharapkan dapat menjadi motivasi untuk desa-desa lain dalam berinovasi untuk membangun Wonogiri.

Menurut keterangan Evril Syahrial selaku ketua pelaksana, KKN yang dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 3 Juli - 2 Agustus 2019 ini bertujuan dapat memberi kontribusi sekecil apapun kepada masyarakat Desa Jimbar, bersinergi dan membaur dengan masyarakat, serta membentuk generasi muda yang berilmu serta berakhlak mulia.

 

Sumber : Berita Daerah RGS Wonogiri (24 Juli 2019)



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//