Bupati jadi Inspektur  Upacara HUT Bhayangkara Ke-73 Polres Wonogiri

Bertempat di Lapangan Lambau, Dukuh Lambau, Lingkungan Jarum Kelurahan Kayuloko, Kecamatan Sidoharjo, Polres Wonogiri menggelar Upacara Hari Bayangkara Ke-73 Tahun 2019, Rabu (10/7) pagi. HUT Bhayangkara tahun ini mengangkat tema "Dengan Semangat Prometer dan Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa, dan Negara". Bupati wonogiri Joko Sutopo bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Hadir dalam kegiatan sebagai berikut Bupati Wonogiri  Joko Sutopo, Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwiyati, S. I. K., M. Si., Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M.Heri Amrrulloh S. Sos., M. H., Plt. Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri Hendri Antoro, S. Ag, SH, MH., Sekda Drs. Suharno, Kakesbangpol  Sulardi. S. Sos. MM., Kasatpol PP Wonogiri Waluyo , S. Sos, MM., Para Kapolsek Se - Jajaran Polres Wonogiri, Para Danramil Se -Jajaran Polres Wonogiri.

Dalam Upacara tersebut, Bupati Wonogiri Joko Sutopo membacakan amanat Presiden Republik Indonesia. Bupati Joko Sutopo menyampaikan bahwa kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

"Selanjutnya dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 6 tahun berturut-turut," katanya.

Dalam bagian amanat tersebut, disebutkan ada beberapa instruksi  pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri. Pertama Polri harus terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045. Kedua, Polri harus mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Ketiga, Polri juga harus terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan. Keempat, Polri harus mingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan. Kelima, memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Setelah pelaksanaan upacara, acara demi acara digelar untuk masyarakat sekitar karena kegiatan tersebut dirangkum dalam kegiatan “Pesta Rakyat”. Ada pemotongan tumpeng yang dilaksanakan oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwiyati, S. I. K., M. Si., yang diberikan kepada anggota tertua dan termuda di lingkungan Polres Wonogiri.

Sedangkan Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M.Heri Amrrulloh S. Sos., M. H., menggunting pita balon “Harapan” Polres Wonogiri. Kegiatan yang mencerminkan sinergitas Tiga Pilar selanjutnya adalah dengan melaksanakan senam poco-poco yang dipandu langsung oleh seluruh Anggota Polwan Polres Wonogiri.

Dengan diikuti jajaran Forkopimda yang hadir dan segenap tamu undangan untuk melaksanakan senam poco-poco, warga masyarakat pun tak ingin ikut ketinggalan dengan mengikuti arahan dari para Polwan-Polwan yang cantik. Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan ditutup dengan penampilan dari penyanyi lagu Campur Sari yang sangat terkenal dari Kota Solo yakni Didi Kempot untuk lebih menyemarakkan suasana.

 

Sumber : Berita Daerah RGS Wonogiri (10 Juli 2019)

 



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//