Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa Buka Manasik Haji 1440 H

Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa membuka kegiatan Manasik Haji 1440 H di Gedung Giri Wahana kompleks GOR Giri Mandala Wonogiri, Selasa (18/6). Acara yang bertujuan memberikan informasi kepada calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji di tanah suci. Wakil Bupati Edy Santosa dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi calon jamaah haji, yaitu untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam serta proses perjalanan haji, agar sekembalinya nanti mampu meraih gelar haji yang mabrur. “Nilai-nilai kemabruran Haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas Iman, ilmu dan amal saleh serta secara individual maupun secara sosial. Arti dari kedua dimensi ini, setiap umat Islam yang telah menunaikan ibadah haji hendaknya mampu menyeimbangkan antara kesalehan secara pribadi dan kesalehan dalam masyarakat dan hubungan sosial.” terang Edy.

Lebih jauh Edy Santosa berpesan kepada bapak ibu jamaah calon haji yang mendapat kesempatan berangkat ke tanah suci tahun ini sudah sepantasnya bersyukur, karena masih banyak diantara saudara-saudara kita yang masih tertunda keberangkatannya karena berbagai hal, oleh karenanya agar semua dapat menyiapkan diri sebaik-baiknya, persiapan fisik, mental dan tata cara pelaksanaan Haji.

“Proses manasik haji memberi bekal yang harus dipahami sebelum berhaji Untuk itu saya berpesan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh meskipun dalam prakteknya akan dipimpin oleh para petugas namun sikap kemandirian sangat diperlukan.”pungkas Edy.

Sementara itu, Plt Kepala Kantor Kemenag H. Musta’in Ahmad menyampaikan laporannya bahwa jumlah peserta sebanyak 355 jamaah yang terdiri dari 167 calon haji laki-laki dan 188 jamaah calon haji perempuan. Sedangkan pemberangkatan Jamaah haji dari Kabupaten Wonogiri terdiri dari 2 kloter yakni kloter 4 kurang lebih 105 jamaah dan kloter 5 sebanyak 250 jamaah calon haji dan untuk pemberangkatan kloter 4 tanggal 6 Juli dan kloter 5 pada tanggal 7 Juli 2019.

“Manasik haji dilaksanakan karena ada kewajiban pemerintah untuk hadir ditengah masyarakat dalam hal ini jamaah calon haji, punya kepentingan untuk bisa melaksanakan supaya pelaksanaan ibadah haji bisa berhasil. Karena di era sekarang pelaksanaan haji hitungan lahiriahnya bisa melaksanakan haji hanya sekali seumur hidup, kalau sekarang bisa berangkat haji bisa mendaftar lagi bisa menunggu 10 tahun lagi walaupun mempunyai uang dan antriannya harus menunggu lagu selama 23 tahun, jadi kalau tahun sekarang berangkat haji dipastikan bisa berangkat haji lagi 33 tahun yang akan datang, Untuk itu sekalinya berangkat berhaji harus berhasil.” papar Musta’in.

Selain Wakil Bupati, manasik haji ini juga dihadiri Kasdim 0728/Wonogiri Mayor Inf Nurul Muthahar S.Ag., M.Pd., Kasubag Hukum Ipda Mujiyo, Panitia Penyelenggara Drs. Heru Budi Santosa, M.Pdi., Plt Kepala Kantor Kemenag H. Musta’in Ahmad, SH., MH., Kabag Kesra Mubarok.

 

Sumber : Humas Setda Kab. Wonogiri



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//