Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 dan Peringatan Harijadi ke-282 Kabupaten Wonogiri dikemas dalam satu kegiatan yang digelar di Alun-alun Giri krida Bhakti Wonogiri, Sabtu (20/5). Momentum ini diharapkan bisa membangkitkan semangat kebersamaan yang memberi manfaat bagi semua pihak.

“Momentum kebangkitan menjadi sangat relevan bagi kita sekalian untuk menguatkan semangat bangkit dari masa-masa yang penuh keterbatasan pasca Pandemi Covid-19. Di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api Semangat Untuk Bangkit yang menjadi tema peringatan untuk bangkit bersama mewujudkan Indonesia Emas 2045,” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo saat tampil menjadi inspektur upacara.

Perjuangan Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa adalah refleksi bagi bahwa tidak ada keberhasilan tanpa perjuangan dan pengorbanan. Inspirasi keberhasilan RM Said pada masa 282 tahun lalu kiranya memberikan keberhasilan pula dalam proses membangun wilayah Kabupaten Wonogiri, dalam satu tekad dan semangat kebersamaan Go Nyawiji Sesarengan mBangun Wonogiri.

Bupati mengajak segenap komponen masyarakat Wonogiri untuk bangkit dengan harapan dan semangat kebersamaan yang memberi manfaat bagi semua pihak.

“Yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk beradaptasi menyesuaikan dengan tantangan dan hambatan yang ada, kemampuan menciptakan hal-hal yang kreatif dan inovatif, serta menguasai teknologi yang memudahkan dan menjadikan setiap pekerjaan semakin efektif dan efisien,” imbuhnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno dan jajaran Forkopimda Kabupaten Wonogiri. Di akhir acara, dilaksanakan penyerahan hasil kejuaraan lomba Napak Tilas dan Jingle dalam rangka Hari Jadi-ke-282, lomba desa, dan Posyandu.

Juara Lomba Napak Tilas masing-masing urutan diraih Disdik Korwil Kec. Selogiri, Puskesmas Wonogiri I, dan Putra Disdukcapil. Sementara Desa Karang Lor, Kecamatan Manyaran meraih juara 1 Lomba Desa Tingkat Kabupaten Wonogiri tahun 2023. Sedangkan pelaksana terbaik posyandu tingkat Kabupaten Wonogiri diraih oleh Desa Tawangharjo, Kecamatan Giriwoyo sebagai juara 1, Desa Lemahbang, Kecamatan Kismantoro sebagai juara 2, dan Desa Pule, kecamatan Selogiri sebagai juara 3.

 

Sumber : Bagian Prokopim Setda Kab. Wonogiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *