Rumah isolasi terpusat (isoter) Wonogiri yang berlokasi di Gedung PGRI Kabupaten Wonogiri telah kosong. Meski tidak ada pasien yang dirawat, namun personil rumah isoter tetap disiagakan. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, dr. Adi Dharma, Rabu (1/9/2021).

Dihubungi via panggilan telepon, dr. Adi Dharma mengatakan pihaknya tetap menyiapkan personil yang sewaktu-waktu siap apabila ada pasien yang harus dirawat di kompleks rumah isoter.

“Pasien kami terakhir pulang pada Senin (30/9/2021) petang, dan hingga hari ini belum ada pasien terkonfirmasi positif covid-19 yang masuk ke isoter lagi. Personil sudah kami tarik untuk kembali ke instansi kerja masing-masing, tetapi tetap kami siagakan apabila sewaktu-waktu ada pasien yang harus dirawat di isoter,” ungkapnya.

Kesiap-siagaan personil ini, menurut Adi Dharma penting, mengingat lonjakan kasus yang terjadi antara bulan Juli hingga Agustus lalu membuat pelayanan sedikit keteteran. Pihaknya tidak ingin hal yang sama terjadi, apabila ada tren kenaikan kasus seperti dua bulan terakhir.

“Kami tetap siagakan. Sambil mengantisipasi apabila ada lonjakan-lonjakan kasus, sehingga kita bisa lebih siap lagi,” tandasnya.

Dr. Adi Dharma juga mengatakan bahwa sejauh ini belum ada rencana menutup isoter meskipun telah kosong dan tren kasus mulai menurun. Tim isoter, diakuinya, sedang melakukan upaya sterilisasi dan inventarisasi sarana yang ada di isoter.

“Penutupan secara formal tidak ada. Justru saat ini kami sedang melakukan sterilisasi ruangan, sekaligus melakukan inventaris dan pendataan, serta melengkapi sarana-sarana yang baru, sehingga ke depannya lebih siap apabila da lonjakan kasus lagi,” pungkasnya.

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *