Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri berhasil menyabet peringkat terbaik dalam Apresiasi Implementasi Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Tingkat Desa. Desa yang menjadi lokasi Waduk Gajah Mungkur Wonogiri ini berhasil mengalahkan sembilan desa lainnya dalam ajang penganugerahan tingkat Nasional. Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana dan diterima langsung oleh Kepala Desa Sendang Sukamto, di Hall Nusantara ICE BSD Tangerang Selatan, Banten, Selasa (28/9/2021) bertepatan dengan puncak peringatan Hari Hak untuk Tahu (RTKD/Right to Know Day) Sedunia.

Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana menyampaikan bahwa, 10 Desa yang memperoleh Anugerah Apresiasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik terdiri dari Desa di Jawa dan diluar Jawa, bahkan ada desa dari Daerah 3 T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Ia menyatakan pelaksanaan Apresiasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Desa ini merupakan kegiatan perdana sejak Perki (Peraturan Komisi Informasi) 1/2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa diterbitkan. Kegiatan Apresiasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Desa ini menurutnya, adalah kerjasama tiga kelembagaan, yaitu Lembaga Negara KI Pusat RI, Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi RI serta Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Ditambahkan Gede Narayana, peringatan RTKD kali ini, dijadikan momentum oleh KI Pusat untuk mendorong pelaksanaan keterbukaan Informasi Publik  pada Badan Publik (BP) Desa  di seluruh Indonesia, agar Keterbukaan Informasi Publik (KIP)  dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat Indonesia pada umumnya, khusus nya masyarakat desa.

Ditemui di Ruang Kerjanya, Rabu (29/9/2021), Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri, Haryono mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Desa Sedang. Pihaknya menyatakan bahwa prestasi Sendang menjadi wujud komitmen transparansi dan keterbukaan informasi publik pada seluruh jajaran Pemerintahan di Kabupaten Wonogiri hingga ke tingkat Desa.

Haryono berharap apa yang telah diraih Desa Sendang dapat menjadi pemantik semangat bagi seluruh Desa di Kabupaten Wonogiri untuk memberikan hak akses seluas-luasnya kepada masyarakat sesuai amanat Undang-Undang.

“Semoga prestasi ini mengilhami kita, semua desa di Kabupaten Wonogiri untuk pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Standar layanan keterbukaan informasi ini sendiri sudah diatur oleh Undang Undang dan hak akses masyarakat juga dilindungi Undang-Undang. Harapannya prestasi yang diraih Sendang dapat mendorong pelaksanaan keterbukaan informasi publik khususnya di tingkat desa,” ujar haryono.

Dihubungi melalui sambungan telepon, Kepala Desa Sendang Sukamto menyatakan akan terus melakukan inovasi dan meningkatkan mutu pelayanan desa khususnya dalam hal keterbukaan informasi publik.

“Anugerah ini menjadi komitmen kami ke depan, dengan segala upaya untuk dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada publik, memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Sukamto.

Pihaknya juga akan meningkatkan koordinasi terkait keterbukaan informasi publik desa, baik dengan Pemerintah Kabupaten, PPID Utama, Pendamping Desa, dan seluruh stakeholder.

Sebagai bahan informasi, kesepuluh Desa yang menerima penghargaan Keterbukaan Informasi Publik adalah Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah yang menempati posisi pertama, Desa Punggul Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Bali posisi (2), Desa Blang Kolak 1 Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah Nangroe Aceh Darussalam (3), Desa Ciberu Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Jawa Barat (4). Desa Kumbang Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (5).

Diurutan keenam, Desa Kabuna Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur , Desa Pohea Kecamatan Sanana Utara Kabupaten Kepulauan Sula Maluku Utara (7). Desa Karangsari Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulonprogo DIY (8), Desa Kedungsumbar Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur (9), dan  Desa Teluk Kapuas Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kuburaya Kalimantan Barat (10).

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *