Sebanyak 636 inovasi telah selesai melalui tahap penjurian Wonogiri Innovation Award (WIA) Tahun 2021. Pengumuman dan penyerahan penghargaan bagi para juara WIA 2021 dilaksanakan Senin (20/12/2021) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Pada acara yang sama, diumumkan juga hasil penilaian Lomba Krenova Tahun 2021.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Wonogiri, Heru Utomo menyampaikan bahwa pelaksanaan WIA dan Krenova tahun ini sudah menggunakan sistem informasi berbasis aplikasi Gebang Indah (Gerakan Sesarengan Mbangun Inovasi Daerah). Penggunaan aplikasi ini, memudahkan para inventor untuk melakukan upload dan submit inovasi serta memantau pelaksanaan WIA dan Krenova.

“Selain memudahkan para inventor, dengan melalui Gerbang indah ini, kami mengalami kenaikan  pesat pendaftar inovasi dan krenova. Kalau di tahun 2020 kami masih manual itu pendaftarnya sekitar 250 inovasi, tahun ini pendaftarnya mencapai 636 inovasi dan 39 krenova,” tuturnya.

Heru menjelaskan penjurian WIA dilakukan atas lima kategori yakni kategori Inovasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Inovasi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD), Inovasi Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMA/SMK, Inovasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan Inovasi Desa/Kelurahan.

Tahapan Penilaian  Indeks Inovasi Daerah dan data dukungnya dilakukan melalui Aplikasi Gerbang Indah Wonogiri dan dilaksanakan Presentasi bagi yang masuk Nominator. Kemudian Penilaian Nominator oleh Juri Wonogiri Innovation Awards Tahun 2021 dilaksanakan oleh Tim Independen yang berasal dari unsur Pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pejabat Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Akademisi, LSM dan Praktisi/HIPMI Kabupaten Wonogiri.

Sedangkan Kategori Lomba Krenova terbagi dalam sembilan kategori, yakni Fokus Bidang Agribisnis dan Ketahanan Pangan, Fokus Bidang Energi Baru dan Terbarukan, Fokus Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Fokus Bidang Kesehatan, Obat-obatan dan Kosmetika, Fokus Bidang Pendidikan, Fokus Bidang Rekayasa Teknologi dan Manufaktur, Fokus Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fokus Bidang Industri Kreatif, dan Fokus Bidang Sosial Budaya.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo dalam bagian sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para nominator dan juara inovasi yang telah melahirkan inovasi dan karya luar biasa. Menurutnya, perkembangan jaman mendorong OPD untuk terus berbenah, desa mulai berkompetisi dalam pembangunan, para pendidik yang terus melahirkan kreasi dan inovasi di bidangnya.

“Ini menunjukkan suatu upaya dan suatu niat untuk kita memberikan yang terbaik dari dan bagi masyarakat Wonogiri,” ujar Bupati.

Bupati berharap, lahirnya inovasi ini tidak hanya akan berhenti pada tahap penilaian WIA 2021. Bupati dengantegas berpesan agar setiap inovasi harus diikuti dengan kontribusi, konsistensi serta pengembangan dan keberlanjutan pelaksanaan inovasi tersebut.

“Sebaik apapun karya yang dihasilkan, kalau kita tidak punya komitmen dan konsistensi di lapangan, maka sistem ini tidak akan berdaya dan berdampak besar bagi masyarakat kita,” tuturnya.

Pemenang WIA dan Krenova masing-masing menerima trophy, piagam penghargaan, dan uang pembinaan.

Berikut daftar nama pemenang WIA Tahun 2021.

Kategori OPD

Juara 1 : Kecamatan Girimarto

Juara 2 : Dinas Pekerjaan Umum

Juara 3 : Dinas Komunikasi dan Informatika

Kategori UPTD

Juara 1 : Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Batuwarno

Juara 2 : Puskesmas Pracimantoro 1

Juara 3 : Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Girimarto

Kategori KIR SMA/SMK

Juara 1 : SMAN 1 Girimarto

Juara 2 : SMK Daya Wangsa Wonogiri

Juara 3 : SMAN 1 Manyaran

Kategori BUMD

Juara 1 : Perumda Air Minum Giri Tirta Sari

Juara 2 : PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda)

Juara 3 : PT BPD (Perseroda) Cabang Wonogiri

Kategori Desa/Kelurahan

Juara 1 : Desa Sirnoboyo Kecamatan Giriwoyo

Juara 2 : Desa Pandan Kecamatan Slogohimo

Juara 3 : Desa Baturetno Kecamatan Baturetno

Daftar nama Pemenang Lomba Krenova Tahun 2021

  1. Fokus Bidang Agribisnis dan Ketahanan Pangan : Pendi Setiawan, S.Pd. dengan peningkatan Kandungan Protein pada Buah Kluwih sebagai Alternatif Pembuatan Abon Vegetarian.

  2. Fokus Bidang Energi Baru dan Terbarukan : Musfiq Amrulloh, S.Pd. dengan Poci Limpu.

  3. Fokus Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup : Sutanti, S.Pd. dengan Gen Hirosi Plus untuk Pembersih Alami.

  4. Fokus Bidang Kesehatan, Obat-obatan dan Kosmetika : Dwi Maryanti, S.Pd. dengan Manfaat Buah Jambu Monyet sebagai Obat Herbal Alternatif untuk Menunjang Kesehatan dalam Bentuk Kapsul Jambu Monyet (Jamet).

  5. Fokus Bidang Pendidikan : Fitria Etika Puri dengan belas Bening (Belajar Asik dengan Blanded Learning).

  6. Fokus Bidang Rekayasa Teknologi dan Manufaktur : Sumarwan dengan Rencana Bangun Mesin MRT (Manual Rice Transplanter) untuk Optimalisasi Swasembada Tanaman Padi.

  7. Fokus Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi : Anis Novitasari, S.Pd. dengan Jogo Konco (Inovasi Penyadaran Bahaya Covid-19 di Ranah Remaja dan Masyarakat Sekitar melalui Media Games Online)

  8. Fokus Bidang Industri Kreatif : Lathifah Safiinatun Najaah, S.Pd. dengan Sistem Pencuci Tangan Portabel Ramah Lingkungan.

  9. Fokus Bidang Sosial Budaya : Surati dengan Gerakan Masyarakat Peduli Lahan Kumuh (Germas Lilahku).

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published.