Seluruh Satuan Kerja (Satker) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Wonogiri menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 dengan mengenakan pakaian adat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas P dan K, Yuli Bangun Nursanti, Jumat (13/05/2022) siang. Saat ditemui di Kantornya, Yuli mengatakan instruksi ini dia berikan sesuai dengan pedoman pelaksanaan Upacara Peringatan Hardiknas dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Selain sebagai wujud penghormatan kepada sosok Ki Hajar Dewantara, tujuan dilaksanakannya upacara ini untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan cinta tanah air.

“Tujuannya tentu saja untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme, serta memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa bagi seluruh insan pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan upacara bendera dengan mengenakan pakaian adat,” katanya. 

Sasaran pelaksanaan kegiatan ini meliputi seluruh satker Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri.

“Sasarannya yakni kantor Dinas P dan K itu sendiri, hingga sekolah dari jenjang TK, SD, dan SMP di seluruh Kabupaten Wonogiri,” tambahnya.

Yuli berharap, pelaksanaan Upacara Peringatan Hardiknas kali ini dapat menjadi suatu momentum yang berkesan bagi seluruh insan pendidikan dan menjadi suatu sarana edukasi non formal bagi insan pendidikan tentang pentingnya melestarikan kebudayaan asli bangsa Indoensia.

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published.