Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai perlunya rumah sakit di daerah perbatasan untuk menyediakan tempat tidur dan ruang isolasi serta ruang ICU ekstra bagi pasien Covid-19. Dalam diskusi singkatnya dengan Setyorini selaku Plt. Direktur RSUD dr. Soediran Kabupaten Wonogiri, Rabu (16/6/2021) di kompleks RSUD dr. Soediran hal ini dikarenakan adanya kemungkinan pasien dari luar daerah yang membutuhkan perawatan akibat terpapar Covid-19.

 “Ini istimewanya daerah perbatasan ya, daerah selatan kalau mau ke Kota Wonogiri mungkin jauh, mungkin juga TT (tempat tidur) dan ruang isolasi di sini hampir penuh, makanya memilih ke Wonosari yang dekat. Atau daerah timur, pilih ke Ponorogo atau Pacitan, atau sebaliknya, mereka yang memilih dirawat di Wonogiri, kita harus berikan keadilan bagi semua pasien yang membutuhkan perawatan,” ujar Gubernur Ganjar.

Gubernur Ganjar mengaku pihaknya akan terus melakukan komunikasi yang intens dengan Gubernur Jawa Timur dan Gubernur DI Yogyakarta terkait upaya bersama dalam memberikan perawatan bagi warga daerah perbatasan yang terkonfirmasi Covid-19.

“Apalagi saat ini trennya lagi naik, jadi untuk berjaga, jaga, TT dan ruang isolasi harus ditambah, mau tidak mau harus ditambah. Kita belajar dari pengalaman daerah lain yang sampai terjadi penumpukan pasien karena kehabisan TT isolasi. Kita jangan sampai terjadi seperti itu. Nanti saya bantu komunikasikan dengan kepala daerah untuk kita semua gotong royong mengatasi peningkatan kasus ini, agar semua pasien tertangani dengan baik,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Ganjar juga sempat menyapa nakes yang sedang bertugas di IDG RSUD dr. SMS. Pihaknya mengingatkan para nakes untuk terus semangat dalam melayani masyarakat dan menjaga kesehatan

“Semangat semua ya. Pengabdian panjenengan semua saat ini adalah tabungan pahala. Tetap semangat, jaga kondisi, semua sudah vaksin kan, tetapi harus jaga kondisi, jaga kesehatan, agar jangan sampai terjadi lonjakan kasus Covid-19 dari kalangan nakes,” kata Gubernur.

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *