Sebanyak 3000an umat kristiani Kabupaten Wonogiri mengikuti Perayaan Natal Bersama Tahun 2022 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, pada Rabu (28/12). Perayaan Natal bersama yang mengusung tema “Maka Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain” tersebut,  dihadiri Wakil Bupati Wonogiri, Jajaran Forkopimda, serta  Forum Kerukunan Antar Umat Bergama (FKUB) Kabupaten Wonogiri.

Ketua Panitia Perayaan Natal bersama F.X Pranata A.P,M.Hum., pada kesempatan tersebut mengatakan, Natal kali ini menjawab kerinduan umat Kristiani setelah selama dua tahun Pandemi Covid 19, perayaan Natal Bersama tidak dapat dilangsungkan. Ia juga menyampaikan  apresiasi atas dukungan Pemkab Wonogiri dan pihak-pihak terkait sehingga perayaan Natal bersama dapat berjalan hikmat, tertib dan nyaman.

Terkait tema yang diusung, Fx.Pranata mengatakan, perayaan natal kali ini dijadikan sebagai momentum bagi umat kristiani Kabupaten Wonogiri untuk tidak lagi menjalani cara hidup lama, namun dengan cara yang baru dan jalan baru secara inovatif dengan semangat go nyawiji.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati  Wonogiri yang diwakilkan oleh Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno mengingatkan kembali akan pesan damai dan kerukunan antar umat beragama, yang digemakan pada setiap perayaan Natal.

” Pesan damai dan kerukunan antar umat beragama digemakan semata-mata karena kita semua menyadari bahwa negara ini dibangun di atas perbedaan dan keberagamaan. Semangat toleransi antar umat beragama perlu terus kita tanamkan, karena perjalanan sebagai bangsa dalam keberagaman penuh dengan tantangan,” kata Wabup.

Ia juga menegaskan pentingnya menjunjung tinggi kebersamaan dalam kebhinekaan.

“Sebagai anak bangsa, mari bersama terus belajar dalam memaknai semboyan negara, Bhineka Tunggal Ika, yang menjadi pengikat  persatuan dan kesatuan di tengah kemajemukan suku, bangsa, adat, budaya dan agama”, ungkapnya.

Wabup Setyo Sukarno juga berpesan kepada seluruh umat Kristiani di Kabupaten Wonogiri untuk menjadikan semangat Natal sebagai pijakan agar semakin bijaksana dan menyongsong hari esok dengan penuh kebahagiaan.

Prosesi perayaan Natal bersama, juga disertai penyalaan lilin merah putih yang dimaknai sebagai kedatangan Kristus sebagai cahaya pengharapan. Selain itu juga diserahkan bantuan sosial Bupati Wonogiri kepada 4 panti di Kabupaten Wonogiri yaitu Panti Giri Sion, Panti Aisyah, Panti Giriwiyata Darma, dan Panti Wredha Dharma Bakti.

Acara juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni music dan tari, dengan penampil dari  Teachers Choir, Voca Kanita, Paduan Suara OMK, Crescendo Band, Smansari Worship Band, serta  Sanggar Seni Ludiro Pancoko.

 

Sumber : Bagian Prokopim Setda kab. Wonogiri

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *