Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 di Alun-Alun Giri Krida Bakti, Jumat (22/4). Apel gelar pasukan ini menjadi tanda resmi akan dimulainya Operasi Ketupat 2022 di wilayah Kabupaten Wonogiri yang menurut rencana akan digelar selama 12 hari, mulai dari tanggal 28 April hingga 9 Mei 2022. Kegiatan apel tersebut diikuti oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Wonogiri, OPD, Senkom, RAPI, dan Saka Bhayangkara.

Membacakan amanat tertulis Kapolri, Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyampaikan, berbeda dengan idul fitri tahun lalu, tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakan dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak lagi dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan dijalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalan mudik.Kebijakan pemerintah untuk tidak melarang melakukan perjalanan mudik tersebut , telah ditanggapi dengan euforia masyarakat.

“Hal ini terbukti berdasarkan hasil survey Badan Litbang Kemenhub Republik Indonesia, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas perjalanan selama lebaran, dengan 47% akan menggunakan media angkutan darat” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Bupati juga menekankan kepada seluruh masyarakat, untuk tetap waspada meski situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali, pandemi sepenuhnya belum selesai. Ia mengungkapkan perlunya langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder dalam menghadapi tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi jelang hari raya, sehingga masyarakat aman dan sehat merayakan Idul Fitri 1443 H.

Pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2022 ini, nantinya akan melibatkan 144.392 personel gabungan TNI-Polri, pemerintah daerah, serta relawan, yang terdiri atas 876 personel Mabes Polri, 87.004 personel Polda jajaran, dan 56.512 personel dari instansi terkait. Kekuatan personil tersebut akan ditempatkan pada 1.710 pos pengamanan, 730 pos pelayanan dan 258 pos terpadu untuk melakukan pengamanan baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan lokasi keberangkatan seperti terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara.

Sumber : Bagian Prokopim Setda Kab. Wonogiri

Leave a Reply

Your email address will not be published.