Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memberikan bantuan secara simbolis  17 tongkat pintar dan 68 paket santunan kepada para sahabat difabel netra melalui acara “Pelayanan dan Bimbingan Sosial Bagi Difabel Netra di Kabupaten Wonogiri” yang digelar pada Kamis (21/4) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Pemberian bantuan yang dilakukan lewat Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Wonogiri tersebut merupakan bentuk perhatian dan dukungan Pemkab terhadap sahabat difabel netra agar semakin bersemangat dalam berkarya.

Menurut keterangan Kepala Dinsos Kabupaten Wonogiri, Kurnia Listiyarani, ketujuhbelas tongkat pintar sudah dilengkapi dengan kecanggihan yang dapat memberikan tanda berupa bunyi ketika terdapat genangan air, asap, api, maupun gas disekitar sahabat difabel netra. Sehingga, hal tersebut semakin mempermudah mobilitas mereka dalam beraktivitas.

“Hari ini sahabat difabel netra akan menerima yang namanya tongkat pintar, ada tasnya. Didalam tas ini ada tongkat yang biasa digunakan untuk membantu sahabat difabel netra untuk menuntun dalam hal berjalan. Ini sudah dilengkapi dengan wifi, jadi lebih canggih. Bisa mengetahui apabila di sekitar kita ada air, kemudian ada asap, ada api, ada gas. Jadi akan menolong kita apabila ada hal yang membahayakan di sekitar sahabat difabel netra.” ungkap Kadinsos.

Kurnia Listiyarani juga menambahkan saat ini baru terdapat 17 tongkat pintar yang diberikan kepada siswa sekolah, sehingga belum mengcover semua difabel netra. Untuk itu Dinsos Wonogiri telah mengajukan proposal ke Kementrian Sosial untuk memberikan sebanyak 152 tongkat pintar bagi penyandang difabel netra lain. Kadinsos juga menegaskan pemerintah siap hadir untuk mendampingi para penyandang disabilitas agar mampu bangkit dan berkarya ditengah keterbatasan fisik.

“Kalau ada kesulitan silahkan dikomunikasikan dengan Pemerintah Desa yang sekarang sudah mengalokasikan dana desa untuk memberikan bantuan kepada difabel. Kalau ada yang masih meratapi nasib, ayo bangkit, bangkit, dan bangkit. Pemerintah hadir untuk memberikan pendampingan agar para difabel bisa mandiri.” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo dalam sambutan yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Wonogiri, Teguh Setiyono, berharap bantuan yang diberikan dapat digunakan para sahabat difabel netra untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera.

“Kiranya bantuan yang diberikan dapat dipergunakan dan dirawat dengan baik agar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya. Agar benar-benar menjadi pendorong semangat, menjadi motivasi bagi difabel dan keluarga, untuk menjadi pribadi yang semakin baik agar dapat mewujudkan kehidupan yang maju, mandiri dan sejahtera.” ungkapnya.

Sumber : Bagian Prokopim Setda Kab. Wonogiri

Leave a Reply

Your email address will not be published.