Pemerintah Kabupaten Wonogiri meraih predikat sebagai kabupaten Informatif dalam ajang Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP Award) Tahun 2021. Sebelumnya, semenjak tahun 2018 hingga tahun 2020 selama empat kali berturut-turut, predikat yang diraih Kabupaten Wonogiri adalah Menuju Informatif.

Ditemu di ruang kerjanya, Rabu (15/12/2021) Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno menyampaikan bahwa berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi Badan Publik dalam Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Wonogiri berhasil meraih predikat informatif dengan total nilai 94,46.

“Ini adalah kali pertama Pemerintah Kabupaten Wonogiri meraih predikat sebagai Kabupaten Informatif. Pemerintah Kabupaten Wonogiri menduduki posisi keempat sebagai badan publik informatif, terbuka, dan transparan dalam pengelolaan konten informasi publik se-Provinsi Jawa Tengah,” ujar Setyo.

Setyo menjelaskan bahwa ada empat tahapan monitoring dan evaluasi yang telah dilalui Pemkab Wonogiri dalam KIP Award tahun 2021 ini. Tahapan yang pertama adalah penilaian pengelolaan konten informasi publik wajib berkala pada website dan media sosial. Tahap kedua adalah pengisian dan pengumpulan kuisioner mandiri atau Self Assesment Quitionaire (SAQ) keterbukaan informasi publik.

Tahap ketiga adalah visitasi dan verifikasi pengisian SAQ oleh tim penilai. Sedangkan tahapan terakhir adalah paparan komitmen pemerintah daerah dalam penyelenggaraan KIP pada uji publik badan publik pemerintah daerah.

“Pemkab Wonogiri berhasil lolos memenuhi semua kriteria penilaian dalam semua tahapan dan selanjutnya dilakukan penilaian dan pemeringkatan oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah,” terangnya.

Setyo menyebutkan tema pemeringkatan informasi publik pada tahun ini adalah “Keterbukaan Informasi dan Optimalisasi Pelayanan Informasi Publik pada Masa Pandemi Covid-19”.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Komisi Informasi Jawa Tengah, kepada delapan kabupaten kota dengan predikat informatif, dan tujuh kabupaten/kota dengan predikat menuju informatif, Selasa (14/12/2021) malam di Semarang.

Disinggung mengenai harapan Setyo terkait praktik KIP di Kabupaten Wonogiri, pihaknya mengungkapkan bahwa penghargaan ini bukanlah suatu hasil akhir, melainkan awal dari sebuah semangat baru untuk menjalankan tata kelola pemerintahan yang bersih, terbuka, dan transparan untuk menuju Kabupaten Wonogiri yang maju, mandiri, dan sejahtera.

Penulis : SIKP-kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published.