Pemerintah Kabupaten Wonogiri kembali meraih prestasi di kancah nasioanl. Kali ini, dalam Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022, Pemkab Woogiri meraih Penghargaan atas Implementasi Program Smart City terbaik kategori Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Wonogiri, Heru Nur Iswantoro mengatakan bahwa Pemkab Wonogiri berhasil menyabet salah satu penghargaan dari tujuh kategori nominasi yang dilombakan di tingkat nasional dan diikuti oleh total 141 kabupaten/kota se-Indonesia.

Heru yang ditemui di kantornya, Senin (5/12/2022) mengatakan bahwa ini adalah kali pertama Pemkab Wonogiri meraih prestasi pada ajang Gerakan Menuju Smart City.

“Ini adalah penghargaan pertama yang diraih Pemkab Wonogiri dalam Gerakan menuju Smart City. Dari total 141 Kabupaten/Kota yang mengikuti Asseesment Smart City tahun 2022, Pemkab Wonogiri berhasil meraih Predikat Terbaik pada Kategori Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional,” kata heru.

Heru mengatakan prestasi yang diraih ini merupakan hasil kolaborasi dan koordinasi semua stakeholder yang tergabung dalam tim pelaksana smart city Kabupaten Wonogiri. Heru juga mengatakan bahwa dukungan pimpinan daerah juga merupakan salah satu faktor yang menguatkan implementasi smart city Pemkab Wonogiri.

Proses assesment Gerakan Menuju Smart City telah dilaksanakan Pemkab Wonogiri sejak Bulan September 2022. Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri berkolaborasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda dan Litbang) serta Organisasi Perangkat Daerah lainnya yang tergabung dalam tim pelaksana Smart City menjalani Evaluasi Program Gerakan Smart City oleh Kementerian Kominfo pada awal Bulan Oktobner 2022 secara daring. Dari hasil assesment inilah pemkab Wonogiri unggul dalam Implementasi program Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional.

Heru berharap, dengan diraihnya prestasi ini, Pemkab Wonogiri akan semakin baik dalam menjalankan implementasi program smart city.

“Ke depannya, harapan kami, kami bisa lebih baik lagi dalam melaksanakan program smart city khusunya, dan juga seluruh program pemerintah lainnya,” tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) ini diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tahun ini, sebagai puncak acara gerakan menuju Smart City, Kementerian Kominfo menggelar seminar dan pameran bertajuk “Recover Together, Recover Stronger” di Jakarta, berlangsung pada 30 November – 1 Desember 2022. Kegiatan ini dihadiri perwakilan dari 141 kabupaten/kota yang telah berhasil melakukan implementasi program Smart City di tahun 2022.

Gerakan Smart City sendiri memiliki tujuan untuk membimbing kabupaten dan kota di seluruh Indonesia dalam rangka merancang pembangunan berbasis digital dengan memperhitungkan potensi dan tantangan di setiap daerah. Program Smart City dapat membawa inovasi-inovasi yang ada di Jakarta untuk dibawa ke daerah lain agar terjadi pemerataan program pembangunan.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada 5 kota dan 2 kabupaten terbaik dalam penerapan program Smart City untuk tujuh kategori, yaitu:

  1. Smart Governance: Kota Bandung,

  2. Smart Branding: Kota Surakarta,

  3. Smart Economy: Kota Semarang,

  4. Smart Society: Kota Yogyakarta,

  5. Smart Living: Kabupaten Demak,

  6. Smart Environment: Kota Madiun, dan

  7. Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional: Kabupaten Wonogiri.

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *