Sebanyak 10.482 Peserta didik baru kelas 1 SD/MI dan 12.362 siswa Kelas 7 SMP/MTS di Kabupaten Wonogiri menerima bantuan Program Seragam Sekolah Gratis dari Pemerintah Kabupaten Wonogiri. Total dana yang digelontorkan untuk Program Seragam Gratis Peserta Didik Baru kali ini adalah sebesar Rp 9.311.279.800 diambilkan dari APBD Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2023.

Penyerahan seragam gratis diselenggarakan secara simbolis pada hari Kamis (31/8/2023) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Acara ini dihadiri oleh Bupati Wonogiri, jajaran forkopimda, dan 600 peserta serta diikuti secara daring yang oleh 1.000 peserta melalui Zoom Meeting dan lebih dari 1.000 viewer pada live streaming channel Youtube Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Sriyanto menyampaikan bahwa seragam yang diserahkan kepada kelas peserta didik baru kelas 1 SD/MI berupa 3 setel seragam jadi berupa 1 setel seragam merah putih, 1 setel batik Kabupaten Wonogiri, dan 1 setel pramuka. Sedangkan untuk kelas 7 SMP/MTS menerima bantuan seragam dalam bentuk kain bahan seragam putih biru, kain batik Kabupaten Wonogiri, dan kain pramuka.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan bahwa ini adalah tahun keenam program seragam sekolah gratis diselenggarakan.

“Perlu saya sampaikan, bahwa program ini menjadi kelanjutan dari program pada tahun-tahun sebelumnya, yaitu dilaksanakan semenjak tahun 2018,” kata Bupati.

Secara akumulatif, realisasi program seragam sekolah gratis hingga pada tahun anggaran 2023, telah diberikan kepada 39.627 siswa SD/MI, dan 50.073 siswa SMP/MTS, jumlah keseluruhan, 89.700 siswa. Adapun total anggaran yang diserap seluruhnya Rp. 36.243.869.198.

Pihaknya juga mengutarakan bahwa selain pemberian seragam gratis bagi peserta didik baru, bentuk perhatian Pemkab Wonogiri pada sektor pendidikan juga diwujudkan dengan diluncurkan Program Pemberian Penghargaan Bagi Pemuda Berprestasi Kabupaten Wonogiri pada tahun 2016.

“Komitmen ini kami wujudkan dalam bentuk beasiswa bagi mahasiswa berprestasi berupa dukungan biaya kuliah,” imbuhnya.

Sepanjang pelaksanaan program dari tahun 2016 hingga tahun 2022, berhasil menyerap anggaran sebesar Rp 34,99 milyar, dan diterimakan kepada 2.758 orang, dimana masing-masing mahasiswa menerima beasiswa sebesar Rp 12 juta per tahun.

Disampaikan Bupati, program ini menjadi wujud nyata komitmen Pemkab Wonogiri dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mewujudkan cita-cita mulia bangsa Indonesia bahwa pendidikan adalah hak setiap warga negara.

Penulis : SIKP_kominfowng

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *