Pemerintah Kabupaten Wonogiri menggelar Pelatihan Manajemen Krisis pada Pelayanan Informasi Publik, Selasa (29/8/2023). Acara yang digelar di Ruang Girimanik Komplek Sekretariat Daerah ini dihadiri oleh 50 peserta yang merupakan tenaga ahli

pengelola media sosial dan penyusun bahan informasi publik (content maker) Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Wonogiri.

Narasumber yang dihadirkan pada acara ini adalah Lalang Praditya dan Taufik Hidayat. Keduanya adalah konsultan strategi komunikasi dan tenaga ahli di bidang analisis berita.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Heru Nur Iswantoro yang menyampaikan bahwa di era perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, diseminasi informasi publik tidak lagi dapat dikendalikan oleh pemerintah. Penyebaran informasi melalui media sosial yang sangat cepat memunculkan pergeseran nilai-nilai dan fungsi komunikasi publik pemerintah. Isu-isu yang berkembang di masyarakat pun berpotensi menjadi krisis yang dapat menurunkan derajat, citra, dan reputasi pemerintah.

“Oleh karena itu, hari ini kita akan belajar bersama tentang bagaimana mengelola krisis informasi yang terjadi dan berkembang untuk menjaga derajat, reputasi, dan citra pemerintah daerah,” kata Heru.

Heru menuturkan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas SDM pengelola media sosial dan penyusun bahan informasi publik yang ada di lingkungan Pemkab Wonogiri dalam upaya pengelolaan krisis informasi.

“Bersama narasumber yang sudah dihadirkan, kita nanti akan dilatih menganalisa penyebab isu, mengelola krisis, mempersiapkan solusi, dan mengidentifikasi potensi krisis di masa depan, serta bagaimana implementasi kebijakan penanganan krisis lanjutan,” terangnya.

Pada pelatihan ini, Taufik Hidayat memaparkan materi bertajuk analisis isu dan berita, yakni Pemahaman Isu Wilayah dan Isu Pemerintahan, Menentukan Framing Berita, Menentukan Sentiment Berita, serta Pembuatan Laporan, Monitoring dan Analisis Berita.

Taufik juga mengajak para peserta berdiskusi tentang Strategi Alur Manajemen Krisis dan Pembuatan Rekomendasi serta Rencana Aksi Pengelolaan Isu dan Krisis Informasi di Bidang Pemerintahan.

 

Penulis : SIKP_kominfowng

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *