Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Wonogiri menggelar Musyawarah Daerah (Musda), Sabtu (29/5/2020) di Aula SKB Wonogiri. Musda yang baru pertama kalinya digelar ini mengambil tema “Selaras dan Bersinergi Wujudkan Pendidikan Wonogiri Yang Maju Mandiri Sejahtera”. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Sriyanto.

Siyanto dalam bagian sambutannya mengatakan bahwa pihaknya mendukung IGI untuk dapat menunjukkan partisipasi dan kinerja dalam membangun sektor pendidikan di kabupaten Wonogiri. Sriyono juga berharap IGI bisa mengurai dan memberi solusi dalam permasalahan pendidikan di Kabupaten Wonogiri.

Musda IGI tersebut dipandu oleh Eko Siswanto. Eko mengatakan bahwa sebelum menggelar Musda ini, pihaknya dan beberapa perwakilan dari IGI telah sowan (menemui) Wakil Bupati Wonogiri untuk meminta doa restu sekaligus memohon kesediaan Wakil Bupati untuk menjadi Penasehat/Dewan Pakar Pembina IGI Wonogiri.

Eko menyebutkan, selama periode 2017-2021, IGI Wonogiri belum menampakkan diri dalam berbagai kegiatan pemerintah daerah, namun keberadaan IGI Wonogiri selalu mendukung apa yang menjadi program daerah terutama dalam pembangunan sumber daya manusia. Hal ini terlihat dari 43 pelatihan/kegiatan yang telah dilakukan dengan peserta 3702 orang, serta meningkatkan prestasi guru baik lokal maupun nasional sejumlah 27 orang. Dari segi keanggotaan sudah mencapai 1199 orang yang sudah ter-approve dan yang belum ter-approve sekitar 500an.

Musda berlangsung lancar dengan prokes ketat. Tidak hanya bermusyawarah, Musda 1 IGI Wonogiri dibarengi dengan launching buku penulis buku pendidikan sagusaku 4 yang diselenggarakan pada tanggal 25 Januari sampai dengan 6 Februari 2021. Dikarenakan masih dalam pandemi, launching tersebut hanya diwakili oleh 26 Peserta dari 100 peserta pelatihan.

Penulis : IGI Wonogiri

Editor : SIKP_kominfowng

Foto : IGI Wonogiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *