Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Wonogiri, Kamis (1/2/2024). Dua lokasi yang dikunjungi Presiden adalah Pasar Kota Wonogiri dan Lapangan Singodutan kecamatan Selogiri, Didampingi Ibu Negara Iriana, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dan Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Presiden Jokowi berbincang dengan sejumlah pedagang pasar.

Jokowi mengatakan kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka memantau harga bahan pokok di Wonogiri hasilnya cukup bagus dan stabil. Dibeberkan Jokowi, harga sejumlah bahan pokok relatif normal.

”Harga cabai rawit saat ini Rp35 ribu per kilogram turun dari harga sebelumnya, bawang merah Rp20 ribu-Rp22 ribu per kilogram. Hanya komoditas beras yang mengalami sedikit kenaikan,” ungkapnya.

Selain melakukan pemantauan harga bahan pokok di tingkat pasar, Presiden juga membagikan paket sembako kepada para pedagang dan pengunjung.

Di lokasi kedua, Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) mengapresiasi Pemanfaatan Permodalan Nasional Madani (PNM) bagi pengembangan usaha masyarakat. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat temu 5000 nasabah PNM Mekaar se-Kabupaten Wonogiri di Lapangan Singodutan.

Presiden Jokowi mengungkapkan keberhasilan PNM Mekaar selama kurun waktu 9 tahun.

“Tahun 2015 permodalan nasional 800 Milyar untuk seluruh tanah air, sekarang yang sudah tersalurkan 237 trilyun, nasabahnya dulu 400 ribu, sekarang sudah 15,2 juta nasabah, artinya program ini sangat diperlukan oleh masyarakat, dulu pinjaman pertama hanya 2 juta sampai 8 juta, sekarang sudah naik jadi 15 juta, menunjukkan semangat kerja keras dan disiplin yang baik dari nasabah.” ujarnya

Presiden Jokowi optimis dengan permodalan yang diberikan, para nasabah yang mayoritas para ibu ini dapat meningkatkan usaha dari mikro kecil sampai menengah.

Ia berharap para nasabah bekerja keras dalam pengembangan usaha dengan menjaga kualitas produk sehingga bisa bersaing di pasaran baik dalam negeri maupun internasional.

 

Penulis : SIKP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *