Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri mulai melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di tingkat kabupaten, Minggu (25/2/2024). Rekapitulasi direncanakan selesai dalam waktu lima pada hari Kamis (29/2/2024).

Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha, Minggu (25/2/2024) mengatakan hasil rekapitulasi itu nantinya menjadi dasar penentuan partai politik dan calon anggota legislatif (caleg) yang terpilih menduduki kursi DPRD Wonogiri 2024-2029.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa rekapitulasi suara Pemilu 2024 secara manual di tingkat kecamatan di Wonogiri sudah selesai.

“Selanjutnya KPU Wonogiri merekapitulasi suara di tingkat kabupaten pada Minggu-Kamis (25-29/2/2024),” ujarnya.

Rekapitulasi suara di tingkat kabupaten dilakukan per kecamatan dan telah selesai.

“Tidak per daerah pemilihan (dapil). Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sudah lebih dulu selesai merekapitulasi suara akan mendapatkan giliran lebih awal,” tuturnya.

Satya menjelaskan dalam rekapitulasi itu, KPU membaca Formulir D Hasil dari rekapitulasi di tingkat kecamatan. Pembacaan Formulir D Hasil itu disandingkan dengan data suara yang terekam di Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dan salinan D Hasil dari para saksi masing-masing partai politik (parpol).

”Kalau ada kekeliruan atau perbedaan data antara Formulir D Hasil dengan Sirekap, data yang di Sirekap dibetulkan,” kata Satya.

Satya menyebutkan setelah rekapitulasi selesai, KPU, Bawaslu, dan saksi akan memverifikasi ulang hasil rekapitulasi tersebut sebelum ditetapkan atau disahkan. Dia menyampaikan hasil rekapitulasi itu akan dipublikasikan KPU paling cepat pada Jumat (1/3/2024).

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *