Sebanyak 32 perusahaan menawarkan lebih dari 1.700 lowongan pekerjaan pada event Job Fair Virtual di Kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini digelar selama dua hari pada 24 hingga 25 Mei di Geung Giri Mandala Kompleks GOR Giri Wahana Wonogiri.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Wonogiri, Ristanti mengatakan bahwa pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar dalam dunia ketenagakerjaan utamanya sektor perindustrian. Banyak perusahaan yang gulung tikar dan kesulitan mempertahankan produksinya,

“Akibatnya banyak perusahaan yang melakukan PHK dan tidak ada pintu lowongan pekerjaan yang dibuka. Hal ini jg menjadi penyebab terjadinya ledakan pengangguran, diikuti dengan pertambahan lulusan SMK sebesar 7.000 orang dan 2.000 lulusan SMA yang tidak melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Sehingga, Disnaker mencatat tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Wonogiri pada tahun 2020 sebesar 4,27 persen atau sebesar 24.868 orang,” ujar Ristanti saat ditemui pada acara pembukaan Job Fair Virtual, Senin (24/5) pagi.

Berangkat dari kondisi tersebut, Disnaker Wonogiri berusaha mencari solusi dan menjadi instansi penghubung antara perusahaan dan masyarakat pencari kerja.

“Kemudian dirumuskanlah kegiatan Job fair Virtual ini, yang baru pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Wonogiri. Mengingat masih di masa pandemi, maka kami laksanakan secara virtual, semoga tidak menurunkan standar pelayanan kami,” ungkapnya.

Dalam Job Fair Virtual ini, Ristanti menyebutkan sejumlah 32 perusahaan berpartispasi dengan menawarkan sebanyak 17.827 lowongan pekerjaan.

“Hingga pagi pembukaan acara ini, tercatat di sistem kami sudah ada 7.429 lamaran yang dikirimkan secara online, dan masih akan bertambah hingga dua hari dilaksanakannya job fair. Harapan kami sebesar 80 persen pendaftar dapat masuk dunia kerja, sehingga dapat menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Wonogiri dan tentunya meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum,” terang Ristanti.

Perbedaan antara Job Fair Virtual ini dengan Job Fair pada umumnya adalah para pencari kerja dapat mengirimkan lamaran secara online melalui situs jobfair.cariloker.id. selanjutnya para pelamar kerja tinggal menunggu email balasan dari perusahaan untuk jadwal seleksi selanjutnya. Setiap NIK (Nomor Induk Kependudukan) dapat melamar maksimal pada lima lowongan pekerjaan di lima perusahaan yang berbeda.

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *