JELANG RAMADAN DAN LEBARAN, TERMINAL GAP WONOGIRI LAKUKAN BERBAGAI PERSIAPAN

Menjelang Bulan Ramadan dan Lebaran 1554 H/2024, Pengelola Terminal Tipe A Giri Adipura (GAP) Wonogiri mulai melakukan berbagai persiapan. Kepala Terminal Induk Giri Adipura Kabupaten Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, pihaknya mulai fokus meningkatkan mutu pelayanan dengan melakukan pengecekkan segala sarana dan prasarana guna memaksimalkan pelayanan dan kenyamanan penumpang.

“Kami hanya fokus ke pelayanan. Jadi memaksimalkan sarana prasarana yang ada, terutama pelayanan terminal yang bersih, aman, dan nyaman,” terang Agus ketika ditemui di terminal GAP, Senin (4/3/2024).

Agus menerangkan, beberapa hari menjelang Ramadan, jumlah penumpang mengalami penurunan. Tak dapat dipastikan penyebabnya, tetapi hal ini sudah menjadi tren setiap tahunnya.

“Justru menjelang Ramadan biasanya penumpang sepi. Karena suasana puasa pekan pertama sampai ketiga agak lain dibanding hari-hari biasa,” kata dia.

Pada hari-hari biasa, jumlah kedatangan dan keberangkatan penumpang relatif normal. Agus mengatakan rata-rata jumlah penumpang di Terminal Giri Adipura Wonogiri mencapai 1.000 orang dalam satu hari. Peningkatan jumlah penumpang akan terjadi ketika memasuki akhir pekan.

“Baik itu kedatangan atau keberangkatan, rata-rata di angka 1.000. Peningkatan penumpang itu terjadi di setiap weekend, Sabtu dan Minggu. Lalu Senin sampai Jumat itu biasanya normal, kecuali hari-hari besar ya,” lanjutnya.

Agus menjelaskan, di Terminal Giri Adipura Wonogiri setiap hari ada ramp check untuk memastikan bus yang beroperasi layak jalan dari sisi administrasi maupun teknis. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang membahayakan penumpang di perjalanan.

“Ramp check setiap hari kami laksanakan, itu kegiatan rutin kami. Kalau terminal kami kan, terminal asal tujuan, jadi kami lakukan setiap hari. Apalagi kalau ada bus baru,” ujarnya.

Meski pihaknya belum menerima informasi terkait ada atau tidaknya program mudik gratis dari pemerintah yang menuju Wonogiri, Agus menegaskan Pengelola Terminal GAP akan terus melakukan koordinasi dan mengoptimalkan persiapan serta antisipasi arus mudik.

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *