Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Wonogiri melaksanakan Estafet Tunas Kelapa (ETK) dan menyerahkannya ke Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sukoharjo, Rabu (23/8/2023). Sebelum diserahkan, Tunas Kelapa simbol Gerakan Pramuka ini dibawa dalam perjalanan rombongan Pasukan Pramuka dari SMKN 1 Wonogiri menuju Balai Desa Gupit, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo dengan jarak tempuh 9 kilometer.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri, Haryono bertindak sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang yang menyerahkan Tunas Kelapa dari Kabupaten Wonogiri kepada Ketua Majelis Pembimbing Cabang Sukoharjo, yakni Wakil Bupati Agus Santosa.

Haryono mengatakan bahwa Estafet Tunas kelapa ini diselenggarakan sebagai suatu ciri khas kegiatan Kwartir Daerah Jawa Tengah sekaligus sebagai kegiatan tradisi tahunan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka

“Estafet Tunas Kelapa ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan 53 Tahun Gerakan Pramuka. Selain itu, gerakan ini dimaksudkan untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda, meningkatkan pembinaan khususnya pada anggota Gerakan Pramuka Wonogiri,” ungkap Haryono.

Estafet Tunas Kelapa ini, menurut Haryono, dapat dimaknai sebagai bagian dari upaya untuk penyelenggaraan pendidikan non formal bagi anak-anak dan pemuda Indonesia guna menjadi generasi yang berkualitas, disiplin, bertanggungjawab, dan memiliki jiwa patriotisme.

“Ini sebagai upaya kita mendidik anak-anak kita, anggota pramuka, dan termasuk kita semua untuk bersama-sama membangun SDM (sumber daya manusia) kita, sekaligus mencintai kebangsaan kita, mencintai NKRI, Pancasila, dan undang-undang Dasar 1945,” imbuhnya.

Haryono berharap Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wonogiri dapat semakin maju dan menjadi pelopor gerakan kepemudaan yang berkontribusi dalam memajukan Kabupaten Wonogiri di masa depan.

 

Sebagai informasi, Estafet Tunas Kelapa (ETK) dilakukan dengan berjalan kaki. Peserta ETK Kwartir Cabang Wonogiri Tahun 2023 adalah anggota pramuka Kwartir Ranting se-Kabupaten Wonogiri, sesuai dengan rute yang dilalui, yang terdiri dari anggota Gerakan Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega serta Pembina Pramuka se‑Jawa Tengah dan didukung oleh dinas/instansi serta organisasi masyarakat yang ada.

Secara khidmat dan sederhana, digelar upacara serah terima ETK dan ditandai dengan ditandatanganinya berita acara ETK yang disaksikan dan didampingi oleh Juri dari Kwarda Jawa Tengah.

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *