Desa Wisata Conto yang berada di Kecamatan Bulukerto, kabupaten Wonogiri berhasil menyabet Juara Harapan pada Anugerah Desa Wisata Tndonesia (ADWI) Tahun 2023. Desa Conto berhasil menduduki Peringkat Keempat pada Kategori desa berkembang pada perhelatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Sebelum menerima penghargaan, Desa Conto telah terlebih dahulu lolos assessement dan masuk nominasi 75 besar Desa Wisata Terbaik dari total 4.500 desa wisata yang ada di Indonesia. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Minggu (17/7/2023) malam di Jakarta.

Ditemui di kantornya, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Haryanto mengatakan bahwa anugerah ini layak diterima oleh Desa Conto yang telah mengikuti Assessment ADWI tiga kali berturut-turut.

“Ini adalah kali ketiga Desa Conto mengikuti ADWI, dan kemarin Desa Conto lolos 75 besar desa wisata terbaik se-Indonesia. Setelah dilakukan visitasi dan scorring oleh tim penilai ADWI pada bulan Mei hingga Juli, tadi malam kami ke Jakarta memenuhi undangan Malam Anugerah sekaligus menerima penghargaan sebagai Juara Harapan kategori Desa Wisata Berkembang Tahun 2023”, katanya.

Haryanto menambahkan bahwa scorring desa wisata tidak semata-mana dinilai dari adanya suatu destinasi wisata di sebuah desa, tetapi lebih menekankan pada pengembangan paket wisata suatu desa yang mampu menonjolkan keunikan dan kekhasan tertentu sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

“Jadi desa wisata ini bukan menilai destinasi wisatanya di desa itu. Di Conto tidak semata-mata menilai Goa Resi-nya, tetapi tim juri menganalisa bagaimana upaya pengembangan paket wisata desa yang ditawarkan kepada masyarakat, seperti pengelolaan Goa Resi, kolam renang, kebun kopi, kuliner, pengembangan homestay, kemudahan akses transportasi, kelengkapan fasilitas publik, pengembangan budaya, dan lain sebagainya. Alhamdulillah score kita cukup tinggi dan meraih peringkat keempat pada kategori Desa Wisata Berkembang” tuturnya.

Ke depannya, Haryanto mengatakan akan terus mendorong pengembangan desa wisata lainnya di Kabupaten Wonogiri. Selain dapat meningkatkan kesejahteraan desa, juga untuk mengenalkan potensi wisata Kabupaten Wonogiri di kancah Nasional.

“Penghargaan ini akan kami jadikan stimulan untuk desa-desa lainnya. Potensi desa wisata di Kabupaten Wonogiri ada banyak, namun memang belum semua tertarik untuk mengembangkannya menjadi industri kreatif. Dengan diraihnya penghargaan ini, kami akan berupaya terus mendorong pengembangan potensi desa wisata di Kabupaten Wonogiri dan berharap desa wisata yang ada di Kabupaten Wonogiri akan dikenal dan mampu bersaing di Kancah Nasional,” pungkasnya.

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *