Kamis (25/1) Bupati Wonogiri melaksanakan evaluasi terhadap kinerja Kepala Desa se Kabupaten Wonogiri  untuk pelaksanaan program kegiatan Tahun anggaran  2023. Dalam kesempatan tersebut Bupati sekaligus menyampaikan pengarahan untuk rencana kerja Kepala Desa Tahun  2024.

Acara yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat serta Kepala Desa se Kabupaten Wonogiri tersebut berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai momentum untuk memperkuat kebersamaan dan sinergitas antara pemerintah kabupaten dan pemerintah desa.

Dalam Sambutannya Bupati Wonogiri menyampaikan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri, termasuk di dalamnya pelayanan di tingkat pemerintah desa, sudah sangat baik. Hal ini terlihat dari indeks kepuasan masyarakat selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.  Tahun 2020 pada angka 82,23, kemudian pada tahun 2021 meningkat menjadi 83,72, tahun 2022 menjadi 84,96, dan pada tahun 2023 melejit pada angka 95,00.

Bupati juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Kepala Desa dan umumnya segenap perangkat desa di Kabupaten Wonogiri, yang telah ikut memberikan warna perubahan bagi pemerintahan di Kabupaten Wonogiri. Selain itu Bupati mengingatkan beberapa hal ke depan yang patut menjadi perhatian bagi segenap jajaran pemerintahan desa, antara lain:

  1. Meningkatnya pagu dana desa. Dari tahun 2023 sebesar Rp 252,7 milyar, menjadi 254,1 milyar pada tahun 2024.
  2. Berakhirnya masa keanggotan BPD pada 251 Desa pada akhir tahun 2024.
  3. Pilkades sejumlah 50 Desa pada tahun 2024, yang akan diundur pelaksanaannya menjadi tahun 2025.

Menyikapi hal tersebut seluruh pihak diharapkan tetap semangat untuk meningkatkan kerja dan kinerja segenap perangkat pemerintahan di berbagai tingkatan. Entitas segenap perangkat desa, yang dimotori para Kepala Desa benar-benar dijaga dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. (sikp-diskominfo)

 

Sumber : Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonogiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *