Gedung baru Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri diresmikan oleh Bupati Joko Sutopo, Senin (12/2/2024). Menurutnya, pembangunan gedung Dinas Kesehatan dan Laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) berhasil diselesaikan berkat sinergitas pemerintah daerah.

“Ada tantangan dan tanggung jawab Pemda untuk menciptakan pelayanan di bidang kesehatan yang lebih baik. Infrastruktur kebutuhan dasar salah satunya di bidang kesehatan,” ujar Bupati.

Ditambahkan bupati, dibangunnya fasilitas kesehatan tersebut merupakan komitmen Pemkab Wonogiri meningkatkan fungsi-fungsi pelayanan kesehatan.

“Gedung baru harus menjadi sentra pergerakan untuk memberikan evaluasi pelayanan terbaik di bidang kesehatan di Wonogiri,” terang bupati.

Diungkapkan Bupati, pembangunan gedung baru Dinkes menelan biaya sekira Rp 14 miliar yang bersumber dari APBD. Sedangkan Labkesda menelan biaya sekira Rp 5 miliar bersumber dari DAK.

Bupati berharap, dengan adanya fasilitas gedung baru ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di Wonogiri.

“Dengan pelayanan kesehatan, tentu derajat kesehatan warga lebih baik,” ungkap Bupati.

Kepala Dinkes Wonogiri Setyarini mengatakan fasilitas gedung baru Dinkes sama seperti gedung kantor lainnya. Di antaranya ada ruang kerja, ruang pertemuan, kantor layanan kedaruratan, hingga ruang komisi penanggulangan AIDS.

Sedangkan di Labkesda kini ada alat PCR, laboratorium kimia darah, peralatan pemeriksaan udara, kesehatan air, angka kuman dan sebagainya.

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *