Sebanyak 121 guru yang diberi tugas tambahan menjadi kepala sekolah diambil sumpah dan janjinya oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Kamis (30/9/2021). Pengambilan sumpah dan janji digelar secara terbatas dengan protokol kesehatan ketat di Graha Personalia Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonogiri, dan hanya diikuti oleh perwakilan guru yang terpilih. Sisanya, mengikuti pelantikan secara virtual di lokasi Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri. Dengan dilantiknya 121 guru ini, praktis seluruh jabatan kepala sekolah di lingkungan Pemkab Wonogiri telah terisi seratus persen.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menegaskan agar kepala sekolah yang dilantik tidak hanya memiliki kemampuan manajerial yang baik, tetapi harus punya inovasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

“Kepala Sekolah harus inovatif. Pandemi Covid-19 ini menuntut kita untuk melakukan PJJ (pembelajaran jarak jauh). Tidak ada tatap muka tapi adanya tatap maya. Maka kepala sekolah harus mampu menciptakan metodologi pendidikan yang inovatif dalam mendampingi anak didik kita semua,” ujar Bupati.

Bupati yang akrab disapa Mas Jekek ini juga mengatakan, kepala sekolah harus tanggap terhadap lingkungan sekolah, khususnya kondisi mental dan psikis anak didik. Bupati tidak memungkiri adanya pergeseran perilaku anak didik, seperti kurangnya kedisiplinan dalam pelaksanaan PJJ, kasus kenakalan remaja, hingga pergeseran nilai-nilai moral dan sosial di lingkungan sekolah. Karenanya. para kepala sekolah juga dihimbau tidak hanya fokus pada keberlangsungan pembelajaran saja, tetapi juga mampu membina keharmonisan lingkungan sekolah.

“Menjadi kepala sekolah harus mampu menjadi dirigen yang baik agar manajerial akademik berjalan dengan baik, tata lingkungan sekolah juga baik, kondisi psikis anak didik juga baik sehingga semua menjadi selaras. Ini tantangan berat apalagi di era pandemi yang menguras energi kita semua,” kata Bupati.

Disinggung terkait rencana pembelajaran tatap muka (PTM), Bupati mengatakan pihaknya baru akan membuka PTM apabila seluruh siswa yang berusia 12 tahun ke atas telah menerima suntikan vaksin Covid-19 minimal dosis pertama. Bupati berharap di awal Bulan Oktober, PTM bagi SMP dan SMA di Kabupaten Wonogiri sudah dapat digelar.

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *