Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengklaim capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri mencapai lebih dari sembilan puluh persen. Hal ini disampaikannya saat menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 di Kabupaten Wonogiri. Jumat (12/11). Acara yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri tersebut digelar sederhana dengan protokol kesehatan ketat.

Bupati yang akrab disapa Mas Jekek ini mengatakan untuk mengejar capaian target vaksinasi yang cukup rendah beberapa bulan lalu, pihaknya menginstruksikan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri melakukan pendataan dan menggerakkan seluruh puskesmas untuk mengelar vaksinasi massal dan serentak di 25 Kecamatan se-Kabupaten Wonogiri. Hasilnya terbukti dalam jangka waktu tiga bulan, capaian target vaksinasi Kabupaten Wonogiri menembus angka sembilan puluh persen.

Bupati Wonogiri juga mentargetkan di akhir Bulan November, capaian vaksinasi bisa menuju angka sembilan puluh empat persen.

“Kami mentargetkan di akhir bulan nanti, capaian vaksinasi kita sudah bisa terselesaikan pada suntikan pertama, selanjutnya bisa mencapai angka sembilan puluh dua persen untuk booster kedua. Delapan persen sisanya siapa, kemungkinan adalah warga dengan NIK Wonogiri yang sudah meninggal atau pindah alamat. Maka akan makin mengerucut lagi sisa target vaksinasi ” ujarnya.

Bupati juga membuka wacana untuk melakukan vaksinasi home visit bagi sasaran vaksin yang tidak bisa mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat karena kondisi tubuh yang tidak memungkinkan, seperti manula berat, kelumpuhan atau anak berkebutuhan khusus dengan disabilitas berat.

“Kami juga sudah mempersiapkan gerakan home visit vaksinasi secara serentak di 25 kecamatan di kabupaten Wonogiri. Tetapi memang, target utama kita, kita selesaikan dulu vaksinasi pada booster kedua,” kata Bupati.

Bupati berharap, terselesaikannya target vaksinasi Covid-19 di kabupaten Wonogiri bukan hanya dapat membentuk herd immunity, tetapi juga mengembalikan kenormalan di seluruh lini, utamanya perekonomian.

“Kalau ini sudah terjadi, maka recovery di seluruh lini kehidupan di Kabupaten Wonogiri akan berjalan. Recovery kesehatan akan berjalan, recovery ekonomi juga, dan kenormalan tata pola kehidupan yang baru akan terwujud di kabupaten Wonogiri,” pungkasnya.

Pada acara tersebut, Bupati Wonogiri secara simbolis juga menyerahkan bantuan sosial bagi keluarga tenaga kesehatan yang meninggal akibat Covid-19.

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *