Sebanyak 1.691 orang mahasiswa akan bersaing untuk mendapatkan Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Wonogiri tahun 2021. Pendaftaran telah resmi ditutup pada Senin (22/11/2021) dan Hasil Seleksi Administrasi Tahap 1 akan diumumkan pada hari ini, Rabu (24/11/2021).

Ditemui di kantornya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Wonogiri, F.X. Pranata menyampaikan jumlah kuota yang tersedia sebanyak 615 beasiswa.

“Masing-masing mahasiswa yang nantinya lolos akan mendapatkan beasiswa sebesar 12 juta rupiah setahun,” ujarnya.

Pranata juga menyampaikan bahwa pendaftar tahun ini jauh lebih banyak dari kuota yang tersedia. Itu menunjukkan mahasiswa berprestasi dari Wonogiri banyak.

“Itu juga menunjukkan antusiasme para mahasiswa menyambut Program Beasiswa ini tinggi,” kata Pranata yang juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Wonogiri itu.

Dia melanjutkan, setelah pendaftaran ditutup panitia langsung memverifikasi persyaratan pendaftar. Dari tahapan itu akan diketahui berapa mahasiswa yang lolos verifikasi dan berapa mahasiswa yang tak lolos.

“Tahap pendaftaran berjalan lancar,” ulas Pranata.

Berdasarkan data yang dapat dihimpun dari Panitia Seleksi Beasiswa Mapres 2021, jika dilihat dari strata, mahasiswa S1/D4 sebanyak 1.575 orang, S2/profesi 42 orang, dan D3 74 orang.

Berdasar jalur, mahasiswa yang mendaftar melalui jalur reguler 1.458 orang, jalur prestasi 154 orang, jalur paskibraka 22 orang, dan jalur Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) 57 orang.

Ketua Imapres Wonogiri, Abimanyu Arya Ramadhan, menginformasikan hasil seleksi tahap I, yakni pendaftaran, diumumkan Rabu (24/11/2021) ini melalui kanal yang tersedia.

”Pansel menetapkan syarat capaian prestasi yang cukup tinggi, yakni Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal minimal 3,00, perguruan tinggi harus terakreditasi A/unggul, dan sebagainya. Pansel juga akan menyajikan data hasil seleksi secara lengkap, termasuk data yang berbasis kecamatan,” kata Abimanyu.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, seleksi Mapres tahun ini tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi melalui Aplikasi SIMAPRES (Sistem Seleksi Mahasiswa Berprestasi). Pemanfaatan teknologi informasi dengan aplikasi ini juga menjadi wujud komitmen Pemkab Wonogiri dalam Akuntabilitas, Transparansi, dan Keterbukaan Informasi Publik, sehingga meminimalkan terjadinya kecurangan, pelanggaran, maupun penyelewengan kebijakan dalam tata laksana program pemerintah.

 

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *