Sebanyak 500 anak dan 500 orang guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) mengikuti Senam Bersama, Sabtu (6/8/2022). Senam yang bertajuk “Eloknya Wonogiriku” ini digelar di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri. Dengan mengunakan kostum bernuansa merah dan putih, kegiatan ini berlangsung tertib dan meriah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti mengungkapkan, senam bersama ini digelar sebagai salah satu rangkaian acara untuk memeriahkan HUT Kemederkeaan ke-77 Republik Indonesia.

“Kami Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menggelar senam ini, melibatkan seribu anak PAUD, TK dan ibu gurunya untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Yuli.

Yuli menerangkan bahwa senam “Eloknya Wonogiriku” ini adalah hasil ciptaan putra-putri Wonogiri yang tergabung dalam LPK Curahan Dewi Fortuna (Curdefo). Koreografer dan lagu pengiringnya sengaja diciptakan dengan memasukkan unsur nasionalisme dan pengetahuan dasar bagi anak PAUD dan TK.

“Jadi lirik lagunya ada kata-kata ‘warna merah warna putih warna benderaku’ ini adalah pengetahuan bagi anak-anak tentang bendera Indonesia. Ada pula liriknya menyebutkan warna-warna pelangi merah kuning biru ungu ini bisa menjadi pengetahuan dasar tentang alam bagi anak-anak,” terangnya.

Tak hanya senam bagi anak PAUD dan TK, Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri juga menggelar senam massal dengan peserta 1.000 orang guru SMP se-Kabupaten Wonogiri.

 

 

Rencananya akan digelar pula Pentas Busana dan Batik Karnival dengan peserta 100 orang model putra putri asli Wonogiri yang mengenakan batik Wonogiren, parade Reog Ponorogo, dan Pentas Ketoprak dengan bintang tamu Marwoto. Rangkaian acara ini seyogyanya akan dilaksanakan di hari yang sama pada pukul 15.30 hingga 22.00 WIB.

Yuli berharap acara ini dapat menjadi momentum untuk membangkitkan semangat putra-putri dan masyarakat Wonogiri pada umumnya untuk bersama-sama membangun Wonogiri yang maju, mandiri, dan sejahtera di bidang pendidikan.

Penulis : SIKP_kominfowng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *