GRAND FINAL DUTA WISATA WONOGIRI 2017


Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Wonogiri telah memasuki babak final dengan digelarnya Malam Grand Final, Sabtu (9/9) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. 12 pasang finalis Duta wisata Kabupaten Wonogiri unjuk kebolehan dalam balutan busana Jawa menjawab pertanyaan penentu juara dari dewan juri.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonogiri menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Pemilihan Duta Wisata 2017 melalui Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Wonogiri Sentot Sujarwoko mengatakan bahwa Pemilihan Duta Pariwisata Kabupaten Wonogiri tahun 2017 merupakan program kerja pemerintah Kabupaten Wonogiri yang rutin,  diselenggarakan setiap tahun hasil  kesepakatan bersama antara Disporapar Kabupaten Wonogiri dan TP PKK Kabupaten Wonogiri, sebagai upaya pendidikan dan pembinaan karakter kepada generasi muda Kabupaten Wonogiri.

“Generasi muda kami harapkan memiliki jiwa yang bermartabat dan mampu mengangkat citra dan potensi yang dimiliki okeh Kabupaten Wonogiri,” ujar Sentot Sujarwoko.

Pemilihan Duta Wisata pada tahun ini mendapat atensi dan partisipasi yang cukup tinggi dari kaum muda Wonogiri dibanding tahun-tahun sebelumnya. Terbukti, pemilihan ini diikuti oleh sebanyak 88 peserta yang telah menjalani seleksi administrasi tertulis dan wawancara pada tanggal 29 agustus 2017 untuk dipilih 12 pasang terbaik. Setelah penatapan 1 pasang Finalis Duta Wisata Wonogiri, dalam jangka waktu tiga hari mereka mendapatkan pembekalan dan pemantapan sebelum mengikuti grand final.

“Selanjutnya kepada juara terbaik akan mewakili Kabupaten Wonogiri untuk maju mengikuti Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata di tingkat Provinsi Jawa Tengah yang rencana diselenggarakan pada bulan Oktober 2017 mendatang,” jelasnya,

Bupati Wonogiri Joko Sutopo berpesan kepada para Finalis Duta Wisata Wonogiri melalui sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Suradi bahwa hendaknya adik-adik muda mudi, baik para duta wisata, finalis, ataupun pemuda mpada umumnya membekali diri dengan wawasan kedaerahan yang kuat. Hal ini iawali dengan cinta dan bangga dengan daerah Wonogiri serta dapat manfaatkan kompetisi  ini sebaik-baiknya.

“Ajang pemilihan ini memiliki arti yang sangat luas yaitu untuk menempa mental diri sarana beradu gagasan dan wawasan inovasi kreasi dan bagaimana memajukan Kabupaten Wonogiri khususnya di sektor pariwisata,” ujar Suradi.

Bidang pariwisata, dengan dibantu para Duta wisata diharapkan mencapai tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan rakyat sekaligus tetap menjaga kelestarian alam dan lingkungan untuk mampu memiliki rasa cinta tanah air, dan dalam secara global mampu memperoleh jati diri bangsa dalam pergaulan antar bangsa. Ini tantangan bagi pariwisata yang ada di Kabupaten Wonogiri untuk mampu mewujudkan sektor pariwisata sebagai sarana mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan signifikan.

Dan setelah melewati beberapa proses penilaian dari dewan juri, di bawah ini adalah daftar para juara Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Wonogiri sesuai kategori yang ditetapkan dewan juri.

   Kategori Juara

            Putra (Mas Duta Wisata)

               Putri (Mbak Duta Wisata)

  Umum

1

2

3

 

  Tulus Irawan (Selogiri)

  Afnan Raynold Panditung (Bulusulur)

  Toyibatun Tutuko (Wonoboyo)

 

  Novendira Siviq Azani (Wonokarto)

  Havari Fijria Nuril Ummah (Jatisrono)

  Pricilia Ayudea Natasa (Slogohimo)

  Favorit

  Bramasta Reynaldi (Baturetno)

  Novendira Siviq Azani (Wonokarto)

  Intelegensi

  Advent Fajar Indrajaya (Purworejo)

  Dela Arika Putri (Ngadirojo)

  Persahabatan

  Dumagusta Bintang (Wonogiri)

  Hervina Okttaviantari (Wonogiri)

  Busana Terbaik

  Tulus Prasetyo (Wonogiri)

  Salma Huda Nagazahma (Wonogiri)

Setelah diumumkannya nama para juara, acara diakhiri dengan penyerahan tugas dan tanggung jawab yang disimbolkan dengan keris dan mahkota dari Bayu Aji Prasetyo (Mas Duta Wisata 2016) dan Ika Purpitasari (Mbak Duta Wisata 2016( kepada Mas dan Mbak Duta Wisata 2017. (Sumber Siaran Langsung 94FM RGS Wonogiri, Editor: Essa, Diskominfo Wonogiri)

Apakah website ini bersifat informatif?

  • Pengunjung (159435 Kunjungan)
  • Hits (159435 Kunjungan)
  • Hari Ini (405 Kunjungan)
  • Kemarin (627 Kunjungan)