BINTEK SIMAYA, UPAYA PEMKAB WONOGIRI REALISASIKAN E-OFFICE PAPERLESS


Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Dinas komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Bimbingan Teknis Sistem Informasi Perkatoran Maya (Bintek SiMaya), Selasa (16/5) di Ruang Rapat Gajah Mungkur Kompleks Kantor Sekretariat Daerah Kapuaten Wonogiri. Bintek SiMaya ini diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari 25 kecamatan se-Kabupaten Wonogiri.

Mewakili Kepala Bidang Informatika dan Persandian yang berhalangan hadir pada kesempatan ini, Supriyono Sugeng selaku Pejabat Pengelola Teknis Kegiatan Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi Dinas Kominfo menyampaikan dalam laporannya bahwa maksud diselenggarakannya bintek ini bagi perangkat kantor kecamatan adalah untuk memberikan training of trainner serta melatih para petugas penatausahaan kantor kecamatan mengoptimalkan penggunaan aplikasi SiMaya. Hal ini diharapkan dapat menunjang kegiatan pengadministrasian perkantoran secara baik, efisien, cepat, tepat waktu, biaya ringan dengan cara yang sederhana.“Adapun tujuan dr bintek ini adalah terciptanya “less paper” atau pengurangan penggunaan kertas dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan,” katnya.

Acara ini dibuka oleh Kabid Statistik, Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Wonogiri, Ponco Hawarno, yang dalam sambutan pembukaanya menyebutkan bahwa di era serba modern ini, perangkat pemerintah harus mampu mengikuti perkembangan zaman dengan digitalisasi sistem informasi perkatoran. “Bangun tidur saja yang kita cari smartphone atau tablet. Jangan cuma chatting dan sosmed, handphone kita ini harusnya bisa kita pakai untuk bekerja, mudah dibawa kemana-mana, bisa update info dan berita setiap saat, dan mengurangi penggunaan kertas dalam hal surat-menyurat dan penyampaian naskah kedinasan,” kata ponco hawarno.

Meski demikian, Ponco Hawarno mengakui ada beberapa kendala yg muncul terkait penggunaan sistem informasi ini, yakni tentang legalisasi surat dan naskah dinas . “Makanya bintek ini tujuannya untuk kita belajar bersama tentang semua hal yg berkaitan dengan surat-menyurat dan naskah kedinasan, salah satunya tentang legalisasi penomoran surat, disposisi, penggunaan tanda tangan pimpinan dan stempel/cap kedinasan yg bersifat elektronik,” tandasnya.

Bintek SiMaya ini merupakan bintek kedua sebagai follow up telah dilaksanakannya sosialisasi dan bintek awal SiMaya tahun 2016. Pada bintek lanjutan ini, adminitrator kantor kecamatan diberikan training tentang tata naskah dinas elektronik sesuai dengan yang termuat dalam Surat edaran Nomor 05 Tahun 2015 tentang aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) pada Instansi Pemerintahan. Selain itu diberikan pula pelatihan legalisasi disposisi dan upload/sharing surat-menyurat antar OPD dan instansi pemerintahan. (Essa – Diskominfo Wonogiri)
 

Apakah website ini bersifat informatif?

  • Pengunjung (139255 Kunjungan)
  • Hits (139255 Kunjungan)
  • Hari Ini (372 Kunjungan)
  • Kemarin (629 Kunjungan)