GOW WONOGIRI GELAR SEMINAR DAN RESEPSI PERINGATAN HARI KARTINI 2017


Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Wonogiri, Jumat (21/4) di Pemdopo rumah Dinas Bupati Wonogiri menggelar Seminar dan Resepsi Peringatan Hari Kartini bertemakan “Dengan Semangat Kartini, Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga dengan Mewujudkan Generasi yang Tangguh dan Berakhlak Mulia”. Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa didampingi Istri Deni Risnindyantira Edy Santosa. Hadir pula Forkopimda Kabupaten Wonogiri beserta istri, Anggota DPRD Perempuan Kabupaten Wonogiri, dan tamu undangan yang terdiri dari Istri Camat, Istri Kepala OPD, Kepala Sekolah Dasar se-Kecamatan Wonogiri, dan Organisasi Wanita se-Kabupaten Wonogiri.

Hj. Mariyatun, Ketua GOW Wonogiri, dalam laporan yang disampikannya di hadapan Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa dan seluruh tamu undangan yang hadir menyebutkan ada beberapa tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Kartini 2017, yakni sebagai sarana untuk memperingati dan mengenang kembali perjuangan RA Kartini, meningkatkan rasa cinta tanah air, dan meningkatkan rasa persatuan kesatuan di antara anggota organisasi wanita di Kabupaten Wonogiri. “Selain itu, rangkaian kegiatan ini juga bertujuan menjadi ajang apresiasi dan kreasi kaum wanita di Kabupaten Wonogiri melalui lomba-lomba yang kami gelar,” kata Hj. Mariyatun.

Rangkaian kegiatan yang dimaksud oleh Hj. Mariyatun antara lain bakti sosial bantuan sembako dan peralatan rumah tangga kepada keluarga PMKS sebanyak 33 KK pada 22 Maret 2017 di Desa Nglegong Song Putri Kecamatan Eromoko, bantuan korban bencana alam tanah longaor di Kecamatan Purwantoro pada 23 Maret 2017, bantuan peralatan sekolah untuk anak yatim, senam sehat bersamaa organisasi wanita se-Kabupaten Wonogiri yang dihelat pada tanggal 7 April 2017 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri dilanjutkan dengan lomba senam Gemu Famire. Pada hari ini, di sebalah barat Pendopo juga digelar Lomba Kudapan Jagung Non Pudding Non Terigu serta Seminar dengan materi “Dampak Penggunaan Ponsel Pada Anak berikut Tips dan Trik untuk Mengurangi Paparan Radiasi Ponsel” dengan narasumber  Dr. dr. Isna Qodrijati, M.Kes dari Laboratorium Fisiologi Fakultas Kedokteran UNS Surakarta.

Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa mengapresiasi kegiatan ini dan berharap bahwa kegiatan semacam ini dapat menginspirasi para wanita di Kabupaten Wonogiri untuk dapat aktif dalam berbagai kegiatan sosial sekaligus, berkarier dan berprestasi tanpa melupakan kodratnya dan tanggung jawabnya dalam keluarga. “Jenjang karir yang saat ini terbuka lebar bagi perempuan semoga tidak menjadikan perempuan Indonesia melupakan kodrat tanggung  jawabnya terhadap keluarga dan mengasuh serta mendidik anak-anaknya,” ungkap Edy Santosa.

Menurutnya, meskipun perempuan sudah punya hak yang sama dengan laki-laki dalam hampir semua aspek kehidupan, masih dibutuhkan kerja keras agar amanah emansipasi wanita benar-benar mampu mengisi ruang gerak dan dimanfaatkan dengan baik oleh kaum wanita khususnya di Wonogiri. “Saat ini di Wonogiri sudah ada enam OPD yang dipimpin perempuan dan empat anggota DPRD perempuan. Taun berikutnya harus lebih banyak,” tandasnya.

Pada kesempatan ini, Deni Risnindyantira Edy Santosa didampingi Ny. Setyo Sukarno dan Hj. Mariyatun menyerahan Bantuan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) kepada sembilan pelajar Sekolah Dasar di Wonogiri, dilanjutkan dengan menyerahan hadiah kepada Bhayangkari sebagai Juara Pertama Lomba Senam Gemu Famire, dan hadiah bagi pemenang Lomba Kudapan Jagung Non Terigu Non Pudding yang diraih oleh IWAPI.

Usai seremonial, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi Seminar Dampak Penggunaan Ponsel pada Anak dan diakhiri dengan sesi diskusi antara narasumber dan peserta seminar. (Essa Diskominfo Wonogiri)

 

 

Apakah website ini bersifat informatif?

  • Pengunjung (113337 Kunjungan)
  • Hits (113337 Kunjungan)
  • Hari Ini (219 Kunjungan)
  • Kemarin (305 Kunjungan)