RAKOR PPID UTAMA KABUPATEN WONOGIRI


Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kabupaten Wonogiri di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Wonogiri menggelar rapat Koordinasi PPID Utama sekaligus Peresmian Ruang Pelayanan PPID Utama Kabupaten Wonogiri, Rabu (19/4) di Ruang Gunung Gandul Setda Kabupaten Wonogiri.

Rakor dihadiri oleh Asisten II Bambang Haryadi, Asisten III Teguh, Kepala Dinas Kominfo Wonogiri Gatot Siswoyo dan jajarannya, Kepala Dinas Kearsipan Wonogiri Sutanto Joso Wiyatmo, Kabag Humas Setda Wonogiri Haryanto, dan  Kabag Hukum Setda Wonogiri.

Rakor membahas tentang Standar Operational Procedure (SOP) PPID dan peningkatan kinerja PPID Utama dan PPID Pembantu dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu, rakor yang berlangsung sekitar satu jam ini juga membahas kesiapan tim PPID Utama Kabupaten Wonogiri jelang Pemeringkatan PPID oleh Komisi Informasi Jawa Tengah yang seyogyanya akan dimulai penilaian pada bulan April 2017.

Kepala Dinas Kominfo Wonogiri, Gatot Siswoyo, dalam paparannya menjelaskan tugas dan wewenang PPID Utama Kabupaten Wonogiri antara lain menyusun dan melaksanakan kebijakan informasi dan dokumentasi; menyusun laporan pelaksanaan kebijakan informasi dan dokumentasi; mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID Pembantu; menyiapkan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi dan dokumentasi kepada publik; melakukan verifikasi bahan informasi dan dokumentasi publik; melakukan Uji Konsekuensi atas informasi dan dokumentasi yang dikecualikan; melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi; Menyediakan Informasi dan Dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat; melakukan pembinaan, pengawasan, evaluasi, dan monitoring atas pelaksanaan kebijakan informasi dan dokumentasi  yang dilakukan oleh PPID Pembantu; melaksanakan rapat koordinasi dan rapat kerja secara berkala dan/atau sesuai dengan kebutuhan; mengesahkan informasi dan dokumentasi yang layak untuk dipublikasikan; menugaskan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional untuk membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokumentasi untuk kebutuhan organisasi; membentuk tim fasilitasi penanganan  sengketa informasi yang ditetapkan dengan keputusan Menteri dan Keputusan Kepala Daerah.

“Ketersediaan dokumentasi dan informasi publik menjadi vital dalam keberlangsungan keterbukaan informasi publik, khususnya untuk pemenuhan kebutuhan informasi badan publik & masyarakat. Tugas ini, mari kita emban bersama untuk sesarengan mbangun Wonogiri,” kata Gatot Siswoyo.

Pada kesempatan yang sama, Asisten II Bambang Haryadi menyampaikan empat poin penting dalam pengelolaan PPID Utama. Pertama, menurut Bambang Haryadi, keberadaan PPID baik PPID utama maupun PPID Pembantu menjadi pintu informasi untuk mengetahui informasi seputar kinerja OPD. Kedua, PPID utama sebagai leader PPID Pembantu yang menyatukan bahasa informasi publik badan daerah se-Kabupaten Wonogiri, sehingga tidak ada tumpang tindih dan penyelewengan informasi oleh oknum-oknum tertentu, hingga terjadi penyalahgunaan data informasi publik dan sengketa informasi. Poin yang ketiga adalah bahwa PPID harus dilaksanakan dengan profesional, sehingga dirasa perlu diadakannya sosialisasi kepada seluruh OPD dan Kecamatan pengelola PPID Pembantu di Kabupaten Wonogiri supaya paham betul maksud n tujuan serta tugas dan kewenangan PPID, dan dapat mengemban amanat Undang-undang dengan profesionalisme tinggi.

“Yang terakhir ini tidak kalah penting, adalah pemberian batasan yang tegas terhadap pengecualian informasi publik yang bersifat rahasia. SOP-nya ini harus jelas,” kata Bambang Haryadi menegaskan.

Setelah di tahun 2016 PPID Utama Kabupaten Wonogiri berhasil meraih Peringkat II se-Jawa Tengah, Teguh selaku Asisten III pada kesempatan ini menyampaikan harapannya agar kinerja PPID Utama kabupaten Wonogiri dapat bersinergi dengan PPID Pembantu, khusunya dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih. “Harapannya kita bisa mempertahankan, dan bahkan bisa meningkatkan jadi yang nomer satu di Jawa tengah,” kata Teguh.

Acara ini berlangsung kurang lebih selama satu jam dan dilanjutkan dengan peresmian Ruang Pelayanan PPID Utama Kabupaten Wonogiri yang telah selesai direnovasi. Pesemian dilakukan Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa. (Essa – Diskominfo Wonogiri)

 

 

Apakah website ini bersifat informatif?

  • Pengunjung (172871 Kunjungan)
  • Hits (172871 Kunjungan)
  • Hari Ini (309 Kunjungan)
  • Kemarin (501 Kunjungan)