CUACA JADI KENDALA TMMD DI WONOGIRI

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I TA 2019 di Wonogiri resmi ditutup. Penutupan digelar di Lapangan Desa Semagar, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, oleh Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M Heri Amrulloh, S.Sos, MH, Rabu (27/3). Penutupan ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Dandim 0728/Wonogiri, penyerahan kembali peralatan kerja, penandatanganan hasil-hasil pelaksanaan TMMD, dan diakhiri dengan pemotongan pita di lokasi sasaran fisik kegiatan.

Secara fisik, pada TMMD Sengkuyung ini telah  menyelesaikan berbagai sasaran infrastruktur seperti pembangunan, jembatan, pembuatan jalan makadam dan pembuatan talud sebagai tugas tambahan. Hasil TMMD dengan sasaran kegiatan fisik makadam jalan volume  : P. 300 m x L. 4 m x Tbl. 0,12 m selesai 70%. Jembatan jalan volume : P. 7,5 m x L. 4 m x T. 4 m selesai 100%. Talud jalan : P. 32 m x T. 2 m selesai 100%. Sasaran tambahan membuka akses jalan pertanian sepanjang : 2.500 m.

“Tujuan kegiatan TMMD adalah membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh, dengan sasaran melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik. Secara fisik, telah menyelesaikan berbagai sasaran infrastruktur,” kata Dandim.

Kendala yang dihadapi berupa cuaca hujan yang mengakibatkan tanah menjadi lembek atau lumpur, personel TNI dan warga masyarakat tidak bisa bekerja secara maksimal. Upaya-upaya untuk mengatasi antara lain pekerjaan akan dilanjutkan setelah tidak hujan,dan pemasangan bronjong untuk menghindari longsor.

Sementara Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, SH mengatakan bahwa pemerintah mengalokasikan anggaran cukup besar untuk pelaksanaan TMMD di desa Semagar ini. Upayanya untuk membangun dan membangkitkan kembali nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong membantu percepatan program pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama di pedesaan.

“Manfaat yang diperoleh antara lain memperlancar sarana transportasi masyarakat, mendorong partisipasi masyarakat untuk membangun desanya, membangun kerjasama dan koordinasi antara dinas instansi terkait dengan TNI dan Polri Kabupaten Wonogiri, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan menciptakan kemanunggalan TNI-rakyat,” imbuh Wabup.

Dana yang dibutuhkan sebesar Rp. 278.249.400 berasal dari APBD Propinsi Jawa Tengah  Rp 150.000.000,  APBD Kabupaten Wonogiri Rp. 75.000.000, dan swadaya masyarakat Rp 3.249.400. 

 

Sumber : Humas Setda Kab. Wonogiri



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//