LEBIH RAPI, PEDAGANG MULAI TEMPATI SHELTER BARU OBYEK WISATA WADUK GAJAH MUNGKUR

Ratusan pedagang kaki lima (PKL) di area wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri mulai menempati shelter baru yang disediakan oleh Pengelola Obyek Wisata WGM. Lokasi baru yang disediakan bagi PKL adalah di sekitar masjid di area obyek wisata. Pengelola Obyek Wisata WGM juga telah mengatur jalur perjalanan pengunjung sedemikian rupa, sehingga shelter PKL ini menjadi salah satu titik destinasi yang akan dilewati oleh pengunjung dan menjadi pusat kuliner serta jual beli souvenir.

Katmi (60), salah satu pedagang aksesoris dan souvenir mengatakan bahwa dirinya merasa lebih nyaman berjualan di shelter yang baru daripada di lokasi lama ia berjualan, yakni di belakang panggung hiburan. 

"Berjualan di shelter baru dilengkapi atap, jadi tidak kehujanan saat hujan, dan tidak kepanasan saat matahari terik. Omset penjualan juga tidak menurun," katanya.

Lebih lanjut Katmi mengatakan bahwa rekayasa jalur di dalam obyek wisata memungkinkan semua pengunjung melewati shelter PKL sehingga terjadi pemerataan, tidak seperti sebelumnya dimana PKL berjualan di lokasi yang berbeda-beda tingkat keramaian pengunjungnya.

Sementara itu, Anjar, salah satu pengunjung obyek wisata WGM dari Kecamatan Ngadirojo mengatakan bahwa penataan PKL ini membuat area waduk terlihat lebih rapi dan tidak sumpek.

"Saya sempat pangling, sekarang bersih dan rapi. Dulu terakhir kesini belum tertata seperti ini. Semoga makin baik ke depannya," ujarnya.

Menurut pantauan reporter RGS, sebelum dipindah ke shelter, para PKL ini menggelar lapak dagangannya di tepi jalan sepanjang jalur masuk obyek, di sekitar wahana permainan, bahkan di dekat taman satwa dan arena panggung hiburan, dengan harapan, lokasi tersebut adalah titik-titik yang ramai pengunjung. Setelah dilakukan sterilisasi dan pemindahan PKL ke shelter, Obyek Wisata WGM jadi lebih rapi dan tertib.

 

Reporter : RGS Wonogiri

Foto : Dokumentasi Suara Merdeka

 

 



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//