162 Mahasiswa Terima Penghargaan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2018

Sebanyak 162 mahasiswa yang telah lolos seleksi menerima beasiswa Penghargaan Mahasiswa Berprestasi Kabupaten Wonogiri Tahun 2018. Melalui proses seleksi pemberkasan administrasi pada 1-14 November 2018, seleksi CAT (Computer Assisted Test) dan wawancara pada 1-2 Desember 2018, penyerahan beasiswa pun dilaksanakan pada Sabtu (29/12) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Mahasiswa penerima beasiswa hadir didampingi orang tuanya.

Anggaran sebesar Rp2,5 Miliar dari APBD yang dikucurkan untuk program beasiswa tersebut  telah disetujui oleh ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno. “Beasiswa ini menjadi realisasi salah satu Panca Program pinter rakyate. Kita dorong terus agar Wonogiri menghasilkan generasi muda yang berkualitas. Kabupaten Wonogiri memfasilitasi adik-adik sekalian (mahasiswa berprestasi) untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi”, ujar Setyo Sukarno.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri Drs. Siswanto menyatakan penerima beasiswa tersebut terdiri dari 144 mahasiswa S1 umum, 8 mahasiswa S2, dan 10 mahasiswa dari perguruan tinggi berbasis agama. Tahun ini telah menjadi tahun ketiga terlaksanyanya program beasiswa mahasiswa berprestasi.

Sistem seleksi tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya beasiswa diutamakan untuk mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu, tahun ini terbuka untuk semua mahasiswa berprestasi yang memenuhi ketentuan. Tahun ini tercatat 20% mahasiswa berasal dari latar belakang pekerjaan orang tua petani, 18% mahasiswa anak PNS, dan yang lain berasal dari berbagai macam latar belakang pekerjaan termasuk buruh, guru honorer, asisten rumah tangga, driver, pensiunan, dan lain sebagainya.

“Dampak dari pemberian beasiswa ini, mahasiswa penerima beasiswa berprestasi kita yang tahun 2018 lulus dinyatakan cumlaude sebanyak 8 orang” ujar Siswanto.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyampaikan harapannya kepada generasi-generasi penerima program ini untuk dapat memberikan sumbangsih positif terhadap pembangunan di Kabupaten Wonogiri.

Pokoke generasi kita (Wonogiri) harus berkualitas,” himbaunya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda, pimpinan OPD se-Kabupaten Wonogiri, Ketua PGRI, Dirut Bank Jateng, dan stake holder terkait.



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//