UPACARA PERINGATAN HARI IBU KE-90, KABUPATEN WONOGIRI ANGKAT TEMA KESETARAAN

 

Upacara Peringatan Hari Ibu ke-90 tahun 2018 di Kabupaten Wonogiri dilaksanakan pagi ini, Kamis (27/12). Upacara yang berlokasi di Halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri tersebut diikuti kurang lebih 400 peserta yang berasal dari gabungan TNI, Polwan, Bhayangkari, Persit, gabungan PNS Sekretarian pemkab Wonogiri, serta gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Wonogiri.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo  selaku inspektur upacara menyampaikan amanat dengan mengusung tema "bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa" sepert tertera dalam Sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindangan Anak (PPPA) RI.

Hakikat peringatan Hari Ibu yang dilaksanakan setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda tentang arti dan makna hari Ibu sebagai salah satu momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, serta pergerakan perjuangan kaum perempuan yang menjadi bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Peran perempuan dalam  sejarah kemerdekaan Indonesia telah muncul sejak terselenggaranya kongres perempuan pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Dalam kongres tersebut semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia mulai dikukuhkan.

Sebagai apresiasi untuk gerakan bersejarah itu, setiap tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai hari nasional (Hari Ibu) bukan hari libur. Dengan penetapan Hari Ibu sebagai hari nasional, diharapkan pemangku kepentingan memberikan perhatian dan pengakuan tentang pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sector pembangunan. Pemangku kepentingan juga diharapkan memberikan pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan. Hingga saat ini, perempuan telah menjadi motor penggerak dan perubahan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara. Perempuan Indonesia masa kini telah sadar dan memahami bahwa dirinya memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Kesetaraan kini mendasari pentingnya pembagian tugas, peran, dan tanggung jawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki. Bahkan saat ini pun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, perempuan dan laki-laki keduanya menjadi partnership sekaligus sumber daya Insani yang menentukan keberhasilan pembangunan nasional.

“Harapan saya peringatan Hari Ibu ke 90 tahun 2018 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan,” ujar Bupati Wonogiri.

Turut hadir dalam upacara tersebut di antaranya Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf. M. Heri Amrrulloh, S.Sos, M.H, Kapolres Wonogiri AKBP Uri NartantiIstiwiyati, S.I.K., M.Si., Kepala Pengadilan Negeri Wonogiri Mohammad Istiadi, SH, MH., Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri Dodi Budi Kelana, SH., MH, Wakil Bupati Edi Santosa., Sekda Kabupaten Wonogiri Drs. Suharno, M.Pd,.

 

Repoter dan foto : Mamik (RGS Wonogiri)



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//