GURU SEBAGAI PENGGERAK PERUBAHAN DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Penyataan ini  yang disampaikan Bupati Joko Sutopo ketika membacakan sambutan dalam upacara  dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018yang digelar di Alun-Alun Giri Kridha Bakti Wonogiri, Kamis pagi (29/11). Upacara kali ini sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Ke-47 KORPRI dan Hari Ulang Tahun Ke-73 PGRI.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo dalam sambutannya menyampaikan juga bahwa Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang juga merupakan Hari Ulang Tahun PGRl, sesuai Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. PGRI dan segenap guru pada negeri ini menjadi pejuang yang mendukung berdaulatnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memerangi kebodohan dan keterbelakangan. “Proses mencerdaskan bangsa tersebut telah menghantarkan kita sekalian pada era revolusi industri 4.0, yang menghadapkan sistem pendidikan nasional pada tantangan yang amat kompleks,” ujarnya.

“Untuk menjawab tantangan tersebut, PGRI sebagai organisasi profesi guru dituntut mampu menggerakkan anggotanya yaitu para guru, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk memberikan andil dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah, sekaligus terpanggil untuk ikut melahirkan pemikiran dalam pengembangan kebijakan pemerintahan, pengelolaan program pembangunan di pusat dan di daerah. Sektor pendidikan memiliki andil besar dalam melahirkan gagasan dan inovasi sesuai tantangan abad 21. Dan sesuai era digital saat ini, pendidikan dapat hadir melalui pembelajaran online, yang dirancang terbuka, saling berbagai, saling terhubung, yang menandai adanya aktifitas demokratisasi pengetahuan, dimana setiap orang dapat memanfaatkan teknologi secara produktif. Kondisi ini memungkinkan munculnya mesin cerdas, mesin yang mampu mengelola pekerjaan secara cepat. Akurat, interaktif, terprogram, dan terekam. Inilah wuiud revolusi industri 4.0 yang dapat diraih melalui sektor pendidikan.”

Bupati Joko Sutopo menyampaikan selamat datang bagi PGRI terdahap era baru profesi guru bermartabat, berdaulat, profesional dan sejahtera, sekaligus menjalankan tugas utama dalam mencerdaskan anak-anak bangsa bangsa. Harapan besar pada para guru, sekagaimana tertuang dalam tema peringatan “Guru sebagai penggerak perubahan dalam era revolusi industri 4.0″.

“Di tengah berbagai kesibukan agenda para guru tersebut, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh guru, pendidik dan tenaga kependidikan utamanya guru honorer yang tidak kenal Ielah menialankan peran sebagai guru. Dedikasi yang terbaik, memastikan tetap berlangsungnya proses pembelajaran. Sekali lagi terima kasih guru,” terangnya.

“Pada kesempatan ini juga dilaksanakan beringatan Hari Ulang Tahun ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang mengambil tema “KORPRI melayani, bekerja dan menyatukan bangsa”. Tema ini hendaknya memotivasi segenap Aparatur Sipil Negara dalam menjalankan peran sebagai abdi negara, sekaligus menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Semangat dan jiwa solidaritas dan soliditas yang tumbuh bagi negara tersebut, bersamaan dengan tumbuhnya jiwa korsa setiap anggota KORPRI. Peran abdi negara sebagai perekat bangsa amat diperlukan pada saat negara Idta akan menghadapi pelaksanakan Pemilihan Umum DPD, DPR, DPRD, dan Pemilihan Presiden yang akan dilaksanakan tepat tanggal 17 Apri12019 mendatang.”

“Dan bersamaan dengan peringatan HUT ke47 KORPRI Tahun 2018, saya mengajak seluruh Pegawai Negeri Sipil lajaran KORPRI Kabupaten Wonogiri untuk melaksanakan hal-hal sebagai berikut: Manfaatkan momentum ini untuk meningkatkan kinerja anggota KORPRI sebagai Aparatur Sipil Negara terutama di bidang pelayanan publik. Meningkatkan semangat profesionalitas seluruh PNS. Mantapkan peran KORPRI sebagai perangkat pemerintahan, dalam mengimplementasikan tema ‘KORPRI Melayani, Bekerja dan Menyatukan Bangsa”. Tingkatkap kesehatan jasmani dan rohani, peduli sosial dan lingkungan sekitar. Wujudkan prinsip netralitas seluruh anggota KORPRI terutama dalam menghadapi Pemilu tahun 2019, demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.” tegas Bupati mengakhiri sambutannya.

Dalam kesempatan kali ini juga disampaikan penghargaan kepada para ASN yang telah menerima penghargaan dari Presiden RI yang diserahkan secara simbolis.

Reporter dan foto : Humas Setda Kab. Wonogiri



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//