JADIKAN PILKADES SEBAGAI AJANG DEMOKRASI YANG MENCERDASKAN

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Joko Sutopo ketika memberikan pengarahan kepada calon Kepala Desa di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Senin pagi (26/11). Kegiatan yang dirangkai dengan deklarasi damai Pilkades merupakan satu momentum bagi 117 calon Kepala Desa yang akan berlaga dalam ajang Pilihan Kepala Desa tahan II Tahun 2018 menyatakan komitmen melaksanakan pesta demokrasi secara damai.. Bupati Joko Sutopo menyampaikan deklarasi kali ini merupakan pencerahan bagi kita bersama dalam rangka menghadapi Pilkades di Kabupaten Wonogiri. “Dalam pelaksanaan pilkades ini nanti saya harapkan tidak ada money politik. Kita tahu bersama pada era sekarang ini sudah masuk pada era proses demokrasi yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi itu sendiri. Dimana masyarakat sekarang sudah cerdas dalam menyikapi perkembangan situasi yang ada sekarang ini,” jelas Joko Sutopo.

Lebih lanjut Joko Sutopo menyampaikan bahwa Pilkades yang kita laksanakan ini nanti merupakan demokrasi berbasis kultur. Dimana ini merupakan sistem, konstitusional di era reformasi. Dan kita ketahui bersama bahwa dalam pembangunan desa tentu fondasi yang perlu kita tahu yaitu pemilihan pemimpin di desa. Berkompentisi ditataran pilkades ini marilah kita gunakan semangat baru. Pilkades ini merupakan kompetisi adalah masyarakat yang terdidik untuk diberikan kesempatan dalam mengelola anggaran yang diberikan dari pemerintah pusat.

“Bagi para calon-calon yang akan berkompetisi nanti dapat memberikan visi-misinya yang jelas kepada masyarakat. Berikan pemahaman yang jelas serta mendidik. Bukan saling menjatuhkan, mengorek-orek yang tidak ada kaitanya dengan Pilkades. Apapun hasilnya pilkades nanti masyarakat harus cerdas dan legowo dalam menyikapi hasil akhir dalam berkompetisi. Jika semua pihak mau menerima dengan legowo saya yakin di Wonogiri ini nanti akan jauh lebih maju dan menjadikan masyarakat Wonogiri semakin cerdas”, tambahnya,

Sementara itu, dalam laporan yang dibacakan Sekda Kab. Wonogiri Drs. Suharno, MPd menyampaikan bahwa sesuai Keputusan Bupati Wonogiri Nomor 355 Tahun 2018 tentang Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Wonogiri dan Keputusan Bupati Wonogiri Nomor 357 Tahun 2018 tentang Penetapan Jadwal Tahapan Pilkada Serentak Tahap II di Kabupaten Wonogiri Tahun 2018.

“Dalam pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Wonogiri ini nanti ada sejumlah Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak Tahap II Tahun 2018 yaitu : 18 Kecamatan, 50 Desa, 117 Calon Kepala Desa. Tujuan dalam pelaksanaan Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahap II Tahun 2018 Pilkades tahun 2018 ini adalah mentaati peraturan perundang-undangan pilkades serta menciptakan kerukunan dan menciptakan suasan yang aman, nyaman dan kondusif, ” jelasnya.

Selain Bupati Wonogiri Joko Sutopo acara ini dihadiri Kasdim Mayor Inf Nurul Muntahar S.Ag, M.Pd, Kabag Ops Polres Kompol Jaka Wibawa, SH  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri Sunarmin, SE, MM., Kepala Pengadilan Negeri Wonogiri Mohammad Istiadi, SH, MH., Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri Dodi Budi Kelana SH.MH., Wakil Bupati Edi Santoso SH., Para Danramil, Kapolsek, Camat dan Calon Kepala Desa se Kabupaten Wonogiri. 

 

Reporter dan foto : Humas Setda Kab. Wonogiri



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//