Sesarengan Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dasar di Wonogiri

Pemerintah Kabupaten Wonogiri MoU dengan Tanoto Foundation Tingkatkan Mutu Pendidikan Dasar

 

Salah satu Panca Program Bupati Wonogiri adalah Pinter Rakyate (pandai rakyatnya). Sejumlah langkah telah diambil pemerintah pada sektor pendidikan, utamanya mempersiapkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, dan menyediakan sumber daya manusia pendidik yang kompeten. Pada tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Wonogiri telah memberikan fasilitas pendidikan gratis bagi siswa SD dan SMP. Tujuannya adalah memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh tunas bangsa agar memperoleh pendidikan dasar yang layak. Di luar upaya-upaya yang dilakukan tersebut, masih terdapat sejumlah point yang dapat dimaksimalkan, sehingga layanan pendidikan yang dilaksanakan bukan hanya terjangkau, tetapi juga berkualitas.

Program Pelita Pendidikan yang diprakarsai oleh Tanoto Foundation mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Wonogiri. Bupati Wonogiri yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri Drs. Suharno, M.Pd., dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap program ini.

“Saya sangat mengapresiasi upaya Tanoto Foundation melalui Program Pelita Pendidikan. Semoga kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi para pihak yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif pada hasil belajar siswa,” jelasnya pada acara Sosialisasi Program Pelita Pendidikan kerja sama Pemerintah Kabupaten Wonogiri dengan Tanoto Foundation dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar yang diadakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Senin (27/8).

Sesarengan Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dasar di Wonogiri

Program Pelita Pendidikan hadir di Wonogiri untuk mendukung pemerintah menerapkan pembelajaran aktif di sekolah. Model Pembelajaran yang akan dilatihkan berfokus pada siswa, bukan hanya pada guru. Model pembelajaran klasik yang lebih didominasi oleh ceramah oleh guru, akan digantikan dengan siswa yang aktif secara fisik, mental, dan personal  dalam proses belajar tersebut.

“Kalau sebelumnya pembelajaran berpusat pada guru, maka pada program ini menjadikan guru sebagai fasilitator dan akan lebih berpusat pada siswa. Siswa diarahkan untuk menjadi lebih proaktif, percaya diri, dan memiliki modal sejak dini menjawab tantangan zaman yang makin kompleks,” ujar Rudi Sopiana Koordinator Kerjasama dan Perencanaan, mewakili Direktur Program Pelita   Pendidikan Tanoto Foundation saat memberikan sambutan pada acara yang dihadiri oleh perwakilan OPD terkait, Kementerian Agama, sekolah dan madrasah mitra, fasilitator daerah, media, dan pemangku kepentingan lainnya.

Program ini juga akan membantu sekolah mengembangkan kepemimpinan dan manajemen sekolah yang lebih partisipatif, transparan, dan akuntabel,  serta lebih berfokus pada peningkatan mutu pembelajaran di kelas. Menanggapi rendahnya tingkat literasi penduduk Indonesia berdasarkan berbagai penelitian, program juga akan menyasar pada peningkatan kemampuan literasi siswa di tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Sesarengan Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dasar di Wonogiri

Koordinator Tanoto Foundation Provinsi Jawa Tengah, Dr. Nurkolis, MM menjelaskan, Skema awal kerjasama ini akan berlangsung selama tiga tahun yaitu mulai tahun 2018 sampai 31 Desember 2021. Tanoto Foundation akan melatih kepala sekolah dan guru-guru di 29 sekolah/madrasah terpilih untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif, manajemen sekolah, dan budaya baca. Di 29 sekolah yang terpilih tersebut, terdiri dari 18 SD, 3 MI, 6 SMP, dan 2 MTs yang berada di dua kecamatan yaitu Wonogiri dan Pracimantoro.

“Sebelum program dimulai, sekolah-sekolah tersebut akan dilakukan asesmen kemampuan membaca dan matematika. Untuk siswa SD dan MI, terutama siswa kelas awal, akan diuji kemampuan literasinya dengan menggunakan instrumen standar internasional EGRA (early grade reading assessment) dan EGMA (early grade mathematic assesment),” tambahnya.

“Melalui kegiatan pada hari ini, kita hadirkan ruang untuk peran aktif dari setiap individu yang hadir saat ini dan yang kelak akan terlibat merupakan kunci suksesnya program ini. Mari bersama-sama kita dukung kerjasama yang akan dibangun, kita ambil manfaatnya untuk kemajuan Wonogiri,” ajak Sekda kepada semua peserta yang hadir.



Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih

Jl. Kabupaten No. 4-6 Wonogiri 57612
Telp. (0273) 321002 Fax. (0273) 322318
Email: bupati@wonogirikab.go.id
Website : http://www.wonogirikab.go.id


//